9 Fakta Unik Tentang Newfoundland & Labrador

Pada bulan November 2017 saya menghadiri sebuah konferensi di Halifax, Nova Scotia. Kebetulan kota ini berdekatan dengan kota St John’s di propinsi Newfoundland & Labrador. Tanpa pikir panjang, sayapun mengatur cuti untuk menjelajahi propinsi termuda yang terletak di paling timur Canada. Siapa sangka banyak fakta unik yang saya temui ketika berkunjung kesana.

1. Kota tertua di Amerika Utara

St. John’s adalah kota tertua di Amerika Utara, dan sudah muncul di peta dunia sejak tahun 1519. Tapi anda harus hati-hati apabila mau berkunjung. Di Canada ada dua kota yang namanya mirip, St. John’s di propinsi Newfoundland and Labrador, dan St. John (tanpa tanda apostrof) di propinsi New Brunswick. Ternyata banyak wisatawan yang nyasar.

Ada dua kota di Canada dengan nama mirip

2. Mempunyai time zone sendiri

Ketika mendarat di St John’s, saya baru tau ternyata propinsi ini mempunya time zone sendiri, 30 menit lebih cepat dari waktu Atlantic, dan 90 menit lebih cepat dari Eastern time. Apakah anda pernah ke kota dengan perbedaan waktu seperti itu?

3. Tradisi bertopeng pada hari natal

Di bandara, saya melihat sebuah pohon natal besar dengan dua boneka berbentuk manusia dengan bagian muka tertutup kain. Agak ngeri, lebih mirip asesoris holloween dibanding natal. Ternyata boneka itu merepresentasikan tradisi natal di Newfoundland and Labrador yang dinamai mummers.

Tradisi mummers sudah ada sejak abad 19, dimana keluarga dan tetangga saling mengunjungi satu sama lain dengan memakai topeng dari kain. Mereka saling menebak siapa dibalik topeng, yang kalah harus pindah ke rumah berikutnya. Tradisi ini sempat ditiadakan karena banyak yang tidak setuju karena topengnya mirip seragam Ku Klux Klan.

Hiasan natal di bandara St.John’s
Kalender dengan gambar tradisi Mummers
Suvenir yang dijual di bandara

4. Mempunyai aksen Irlandia

Meskipun terletak di Canada, aksen warga St. John’s sangat kental. Saya harus beberapa kali meminta sopir taksi mengulang pertanyaannya karena saya gak ngerti. Ternyata aksen warga St John’s sama persis dengan aksen di kota Waterford, Irlandia, karena banyak pendatang dari sana.

Newfoundland and Labrador juga punya slang sendiri. Contohnya ‘Deadly’ artinya awesome, great, fantastic.

Bahasa prokem Newfoundland & labrador

5. anjing jenis Newfoundland dan Labrador berasal dari sini

Siapa sangka anjing jenis Labrador dan Newfoundland berasal dari propinsi ini. Awalnya jenis anjing tersebut dipakai nelayan untuk membantu menangkap ikan, sehingga diberi nama Water dog. Jenis ini kemudian dibawa ke Inggris dan mulai diternakan. Karena berhasil mempopulerkan nama propinsi ke dunia, dua patung perunggu kedua jenis anjing tersebut didirikan di pinggir dermaga.

Patung anjing Newfoundland & Labrador
Berfoto bersama Labrador

6. Identik dengan bangunan warna-warni

St. John’s identik dengan bangunan warna-warni dipinggir dermaga yang sering disebut Jellybean Row. Tradisi ini dimulai pada abad 18 dimana bangunan di cat warna-warni agar kapal yang datang bisa melihat dengan mudah dibalik kabut.

Jellybean Row
Rumah warna-warni St.John’s
Rumah warna-warni St.John’s

7. St. John’s mempunyai bar/ pub terbanyak per meter persegi di Canada

Salah satu hobi masyarakat St. John’s adalah kumpul-kumpul sembari minum alkohol. Bahkan ada satu jalan bernama George Street yang mempunyai bar terbanyak tiap meter perseginya dibanding seluruh Canada.

Saat ini bir yang paling terkenal adalah Iceberg Beer dari Quidi Vidi Brewing Company. Bir ini dibuat dari air glacier yang diambil dari perairan Newfoundland.

Salah satu pub di George Street

Beer tester

Iceberg Beer

8. Telegram ditemukan di St.John’s

Newfoundland terletak di bagian Canada paling timur. Karena letak geografisnya, propinsi ini memegang andil dalam industri penerbangan dan teknologi. Salah satu contoh adalah ketika seorang penemu Italia bernama Guglielmo Marconi berhasil menerima pesan wireless lintas samudra saat berdiri di bukit Signal Hill di St. John’s. Percobaan itu kemudian berkembang menjadi teknologi yang kita kenal dengan nama telegram. 

Signal Hill adalah sebuah bukit indah yang saya capai dengan berjalan kaki dari pusat kota. Meskipun di google map terlihat cuman berjarak 3 km, atau sekitar 40 menit jalan kaki, saya tidak menyangka tanjakannya lumayan curam. Tapi pemandangannya worth it, seperti foto-foto dibawah ini.

9. Trail hiking tertua di Canada ditemukan di St. john’s

North Head Trail adalah salah satu jalan setapak tertua dan populer di Canada. Disinyalir jalan setapak ini dipergunakan sejak tahun 1500 and dan didaki 35.000 hikers setiap tahunnya.

Saya akui rute ini memukau. Pendaki bisa berjalan dipinggir laut sembari melihat rumah warna-warni di kejauhan. Sekali-kali bisa melihat burung puffin dan camar melintas. Bahkan pada musim panas bisa terlihat ikan paus. Namun semakin jauh mendaki, jalan setapak semakin sempit dan licin sehingga saya memutuskan untuk kembali,

Jalan setapak North Head Trail

Pemandangan dari trail

Rumah nelayan yang dilalui menuju trail

Saya tidak menyangka solo trip kali ini begitu menyenangkan. Banyak informasi menarik yang didapatkan. Belum puas rasanya, banyak daerah yang belum dieksplorasi. Semoga dalam waktu dekat bisa kembali ke propinsi indah ini. 

9 thoughts on “9 Fakta Unik Tentang Newfoundland & Labrador

  1. Nyesel banget pas ke NS gak sekalian ke Newfoundland & PEI juga… Ingin banget ke Gros Morne National Park dari dulu. Kangen banget sama Atlantic Canada, ingin ke daerah sana lagi, tapi pasti ampun2an deh tiket pesawatnya hahaha.

    • Aku dulu pernah road trip Novas Scotia, PEI, dan New Brunswick. Soooo worth it! Pemandangannya cantik-cantik, dan makanannya, khususnya seafood, enak bangeeeet!!

      Ayoooo ke Atlantic Canada lagi. Kalau gak ada halangan aku mau road trip kesana lagi taun depan. Aminnn 🙏🙏

  2. Sejak baca judul saya sudah berusaha mengingat sesuatu tentang Labrador. Dan saya baru ngeh kalau Labrador yang saya kenal adalah nama jenis anjing. Ternyata ini kota asalnya, ya! Menarik sekali, Kak:-)

  3. Makasih lho udah ngingetin soal wisatawan yang nyasar. Jadi besok-besok kalo ku mau ke sana bisa refer ke blog ini lagi, memastikan ngga salah berkunjung. Btw pas baca judulnya kok berasa kayak jenis anjing.. Labrador. Lah ternyata memang bener.

    • Iyaaaa banyak yg nyasar ternyata. Ada satu lagi berita taun lalu, ada org Inggris mau liburan ke Sydney, Australia. Udah bawa baju pantai segala. Ehhh pas nyampe kok dingin bgt. Ternyata nyampe nya ke Sydney, Nova Scotia (Canada). Katanya dia liat tiket murah lgs beli. Gak ngecek teliti. Hahaha kasian

Leave a comment