Amerika Utara / USA

Hostel Seharga Hotel di Boston

Kalau berpergian saya gak gitu rewel kok soal penginapan. Yang penting tempatnya private, murah, bersih, aman, dan lokasinya strategis. Ehh itu rewel yah :-P. Saya bukan orang yang suka berbagi space, jadi konsep  menginap bersama orang asing seperti di hostel tidak terlalu menarik. Itu kan teorinya, tapi kadang dalam perjalanan kita gak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan.

Tahun lalu saya ada kesempatan liburan ke Boston. Kebetulan ada sale Porter airlines dimana penerbangan Toronto-Boston PP hanya $200.  Tentunya saya gak melewatkan kesempatan ini apalagi udah lama banget mau ke Boston sejak jamannya NKOTB (New Kids On The Block) masih jaya. uhuk uhuk..:-P. Nah setelah tiket terbeli, mulai deh nyari-nyari penginapan.

Setelah riset, baru tau kalau penginapan di Boston itu mahal. Bayangkan saja, hotel Holiday Inn yang di Toronto harganya $100, di Boston bisa $250. Ngawur kan?  Terlebih lagi saya pergi sendirian jadi mubazir membayar mahal hanya untuk tidur. Beberapa teman merekomendasikan Couch Surfing, tapi saya ragu dengan tingkat keamanan menginap sendiri di rumah orang asing. Oh ya, Couch Surfing adalah sebuah non profit project yang mengkoneksikan para traveler, dengan menawarkan konsep tumpangan gratis. Pokoknya lagi happening banget.

Mau gak mau saya pun mulai mencari hostel yang  layak dengan harga terjangkau, dan akhirnya memilih Hostel International Boston yang keliatannya bagus, bersih, strategis dengan review memuaskan. Untuk semalam harganya  $70 (termasuk sarapan). Cukup mengagetkan karena harganya sama seperti menginap di hotel bintang 4 Crowne Plaza New Orleans. Ternyata menurut survey yang diadakan situs Cheaphotel.org, Boston menempati Ranking pertama  sebagai kota dengan harga penginapan termahal di Amerika Serikat, mengalahkan New York. Pantesan!

2 Minggu kemudian sampailah saya di Hostel International Boston. Sesuai informasi, lokasinya sangat strategis. Dekat dengan subway, Chinatown, taman Boston yang terkenal yaitu Boston Common, pertokoan dan Opera house. Sangat nyaman kalau harus pulang malam sendirian karena suasananya selalu ramai.

hostel8

Opera House, Boston

bc

Boston Common

Lobi hostel ini sangat besar dan dikelilingi warna-warna cerah dari tembok dan sofanya. Tempatnya pun bersih dan teratur dengan resepsionis yang ramah dan informatif. Berbeda dengan hostel-hostel yang pernah saya tempati sebelumnya, disini terlihat banyak rombongan keluarga. Saya pun iseng bertanya kepada mereka kenapa nginep di hostel. Alasannya pun sama, biaya hotel terlalu mahal, dan yang murah letaknya diluar kota.

hostel10

Lobi Hostel

hostel6

Lorong hostel

hostel11hostel7

Saya cukup puas melihat kamar hostelnya. Ada 4 tempat tidur susun yang terlihat bersih dan rapih. Teman sekamar saya adalah orang Cina, Jepang dan orang Amerika yang berlibur dari San Fransisco. Saya pun berkenalan dan sedikit membahas keadaan kota serta susunan itinerary mereka.

Pada saat bersamaan ada teman saya yang juga berlibur ke Boston.  Dia memilih couch surfing sebagai metode penginapan dan mengajak saya makan malam dengan host-nya. Wah ternyata hostnya pria Brazil, ganteng, tajir bermobil Audi, dan tinggalnya di apartemen mewah. Tau gini saya ikutan Couch Surfing juga 😂. Si host Brazil berbaik hati menjemput saya di hostel dan mengajak kami berdua keliling kota Boston.

hostel2

Kamar hostel

hostel3Tiap pagi, hostel menyediakan sarapan di ruang makan yang terletak di lantai satu. Menu sarapan adalah telor rebus, roti panggang, cereal, juice, serta teh dan kopi. Disinilah tempat saya bertukar pikiran tentang itinerary dengan beberapa tamu hostel yang memberi masukkan dan rekomendasi.

20120621_4454

Ruang makan

Jadi apa kesan saya nginep di Hostel International Boston? Sangat puas. Tempatnya bagus, rapih, dan bersih. Selama menginap selama dua malam saya tidak mengalami masalah dengan para tamu. Makan paginya pun lezat  dan lokasinya sangat strategis (Ini penting banget untuk menghemat waktu). Di sekitar hostel juga banyak street art dari artist terkenal, jadi kalau tertarik untuk mampir dan foto-foto cukup jalan beberapa menit saja dari hostel.  

Harus saya akui memang penginapan di Boston itu mahal, tapi tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran, seperti hostel, airbnb, atau Couch Surfing. Jangan sampai harga penginapan membuat anda mengurungkan niat berlibur ke Boston, karena kota ini adalah salah satu kota tercantik di Amerika Serikat.

bc3

Street art karya kembar bersaudara asal Brazil, Os Gemeos. Lokasinya hanya 2 menit jalan kaki dari hostel

 

19 Stuart Street
Boston Massachusetts 02116
Phone1 (617) 536-9455
 
Advertisements

30 thoughts on “Hostel Seharga Hotel di Boston

  1. Terima kasih buat rekomendasinya ya Mbak :hehe. Saya yakin sebenarnya selalu ada jalan untuk menemukan penginapan yang sesuai dengan kondisi sumber daya yang ada, yang penting niat kita mencari dan mencari, sebab selalu ada jalan :hehe. Tak apalah berbagi dengan beberapa orang dalam satu kamar, yang penting bersih, aman, dan nyaman bisa selalu dijaga :hehe.

  2. Alamaak! USD 70 per malem buat dorm room? Mahal bangeett *catet nanti kalo ke Boston daytrip aja :p*
    Ngomong-ngomogn kenapa nggak coba Airbnb? Biasanya suka lebih murah dari hotel. Atau sama aja kalo di Boston?

    • Dengan harga segitu biasanya bisa dapat hotel bintang 2 atau 3 di Amerika. Tahun lalu aku ke New Orleans nginep di Crowne Plaza 4 bintang dengan harga $70 semalam, lho. Jadi menurut aku $70 untuk tidur di hostel dengan tempat tidur susun dan harus berbagi kamar dengan 3 orang asing ya mahal. 🙂

  3. Wow kenapa bisa mahal gitu yah? Padahal Boston kan bukan big city kaya NY atau LA? Aku ikut couchsurfing tapi blum pernah ada yg nge-couch di rumahku.. Hihihi.. Tp emang mesti selektif sih nyari host, pilih yang rekomendasi nya bagus. Eh makaaih yah dah follow blog aku

    • Salam kenal ya Amel. 🙂 Bener kan panggilannya Amel? Iyaaa aku juga kaget harga hostelnya kok mahal. hahaa Wah semoga ada yang bakalan nginep tpt kamu ya untuk coach surfing. Semakin banyak yg nginep kan jadi semakin banyak reviewnya.

  4. Boston mahal karena ada NKOTB?…masih deg2an ala ABG gw klo nonton vidclip and denger lagu NKOTB..Ahahaha..
    Dohh mau aktif ahh di couch surfing, punya akun tapi emang lebih nyaman nginep di hostel dengan private room atau guesthouse selama ini. Sapatau dapet host cowo Brazil yang tinggal di apart..beruntung banget temenmu 🙂
    Lobi hostel Boston kece designnya. Keuntungan nginep di hostel bisa dapet temen baru yang ramah dripd di hotel biasanya gak ada media buat ngobrol.

  5. hostel sekarang lagi beken yah. awalnya gk tau tentang hostel. setelah tau jadi pengen backpacker dan tinggal di hostel. lagian kalo jalan2 itu kebanyakan diluar. ke hotel cuma untuk tidur

    • Iyaa bener. Hostel emang murah. Tp tentunya lbh nyaman tinggal di hotel krn ada privasi, kamar mandi sendiri. Kl gw punya duit banyak mending nginep di hotel, tp kl duit mepet ya hostel gak papa deh. Hahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s