Eropa / Portugal

Mukjizat penampakan Bunda Maria di Fatima-Portugal

Kalau ditanya dimana tempat ziarah bagi pemeluk agama Katolik,  orang awam pasti langsung teringat Vatican, Yerusalem, atau Lourdes di Perancis. Padahal ada satu tempat yang gak kalah populer yaitu Fatima, sebuah kota di Portugal yang terletak 142 km sebelah utara Lisbon. Seperti Lourdes, Fatima juga didedikasikan untuk menghormati Bunda Maria, dan tiap tahunnya lebih dari 4 juta orang berkunjung kesini. Bahkan presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, sempat mampir mengucap syukur ketika Portugal menang Euro Cup 2016. 

Sudah lama keluarga kami ingin ke Fatima, tapi selalu saja ada kendala, entah tidak ada waktu, atau karena berkunjung ke tempat lain. Kali ini, ibu  saya bersikukuh untuk berziarah kesana hingga akhirnya  tanggal 26 December 2016, kami menapakkan kaki untuk pertama kalinya di Fatima. Berikut sekilas cerita perjalanan  disana.

fatima17

fatima1

Asal Mula Fatima

Kisah Fatima berawal dari tiga anak gembala bernama Lucia, Fransisco, dan Jacinta yang bertemu dengan seorang wanita cantik bermandikan cahaya. Wanita ini tidak mau mengakui siapa dirinya, tapi berjanji untuk mengunjungi mereka tiap tanggal 13. Antara bulan Mei sampai Oktober 1917, wanita ini menampakkan diri untuk mengajari doa Rosario sembari berbagi rahasia tentang kehidupan dan alam kematian. Ketika berita ini didengar masyarakat, banyak yang tidak percaya karena mengganggap ketiga anak itu berbohong dan mencari perhatian. Namun dengan berjalannya waktu para penduduk malah dibuat  penasaran.

seers

Tiga gembala kecil

Pada tanggal 13 oktober 1917, 70 ribu orang berkumpul di sebuah ladang setelah mendengar berita bahwa wanita bercahaya akan menampakkan diri untuk terakhir kalinya. Pengunjung datang dari berbagai penjuru Portugal, termasuk  media massa dari Lisbon dan Porto. Hujan lebat pun tidak mengurungkan niat masyarakat untuk hadir.  

Tepat pukul 12 siang, hujan lebat tiba-tiba berhenti, langit terbuka, dan matahari muncul. Namun semakin lama, matahari terlihat mendekat, kemudian berputar. Masyarakat berteriak ketakutan karena berpikir hari kiamat sudah datang. 

Ketika suasana sedang kacau, Lucia, salah satu anak gembala, menenangkan masyarakat dan berkata bahwa sang wanita akan pergi jauh dan meminta  untuk dibangun gereja di lokasi tersebut. Tidak lama, langit kembali terang seakan tidak terjadi apa-apa. Sampai saat ini tidak ada yang bisa menjelaskan apa yang sebenernya terjadi hari itu, sehingga fenomena itu diberi nama Miracle of the sun atau keajaiban matahari.

fatima1

fatimanews01

Gereja Fatima

Kota Fatima menarik peziarah dari  seluruh penjuru dunia khususnya pada bulan Mei dan Oktober. Biasanya mereka berkumpul di lapangan Cova de Iria tempat bunda Maria menampakkan diri. Lapangan ini bisa memuat 250 ribu orang dan besarnya 2 kali lebih luas dibanding lapangan Santo Petrus di Vatican.

fatima11

Gereja Fatima mulai dibangun pada tanggal 13 Mei 1928 dengan menggunakan batu kapur. Menara gereja dibangun setinggi 65 meter yang puncaknya didekorasi sebuah mahkota perunggu seberat 7000 kg. Arsiteknya seorang Belanda bernama Gerardus Samuel van Krieken, yang keburu meninggal sebelum hasil karyanya selesai.

Gereja ini memiliki 65 lonceng, yang terbesar seberat 3000 kg. Pada menaranya berdiri patung Bunda Maria setinggi 4 meter dengan berat 14 ton. Di gereja inilah  3 anak gembala itu dimakamkan.Jacinta dan Fransisco meninggal pada umur 10 dan 9 tahun, sedangkan Lucia meninggal tahun 2005 pada umur 97 tahun.

fatima12

fatima2

fatima3

Kuburan ketiga anak gembala

Rumah anak gembala

Kalau anda ke Fatima,  jangan lewatkan untuk berkunjung ke rumah peninggalan Jacinta, Fransiscus, dan Lucia, yang sekarang dijadikan museum. Lokasi rumah ini agak keluar dari pusat kota, sekitar 40 menit jalan kaki. Sebenarnya ada jalan yang lebih cepat, tapi karena salah memilih rute, kami  harus mengambil jalan memutar yang ternyata rute jalan salib. Kalau anda kesasar dan masyarakat sekitar tidak ada yang bisa bahasa Inggris, sebut saja ‘Jacinta’, orang langsung mengerti dan memberi petunjuk.

Sesampainya di lokasi, kami lega karena museumnya masih buka. Masuk  museum ini gratis, anda hanya diminta untuk memberi sumbangan seiklasnya. Di bibir pintu, kami disambut seorang wanita setengah baya yang bertugas sebagai guide. Tapi dia tidak begitu bisa bahasa Inggris, karena tiap kali saya tanya, dia hanya bisa tersenyum sambil menggeleng pelan. πŸ˜“πŸ˜†

Pada tahun 1917 sedang berlangsung perang dunia pertama. Ekonomi lemah, sehingga banyak keluarga yang hidup dalam kesederhanaan. Di museum ini anda bisa melihat gambaran kehidupan ketiga anak gembala pada masa itu melalui perabotan rumah di kamar tidur, ruang dapur, ruang makan, dan juga puluhan foto yang dipajang di ruang tamu. 

fatima11

Rumah Jacinta yang sekarang menjadi museum


fatima13

Kamar tidur Jacinta


fatima17

Dapur di rumah Jacinta

Keluarga Jacinta memperoleh pendapatan dari menjual buah zaitun dan susu domba. Ternyata di belakang museum masih ada kandang dombanya. Sore itu terlihat seorang kakek sibuk mencuri hati cucunya dengan memberi makan dua ekor domba gendut. Si cucu tidak mengindahkan, asyik main sendiri.  Justru malah saya dan beberapa turis lain yang mengerubungi si kakek sambil foto-foto. Salah satu turis Amerika bahkan mengira ini bagian dari atraksi museum. πŸ˜‚πŸ˜† 

fatima18

Pak tua dan dombanya

Ada satu foto yang paling terkenal dari ketiga gembala dengan latar belakang rumah berbatu. Ternyata foto itu diambil tepat di depan rumah Jacinta, yang sekarang berubah fungsi menjadi museum. Untung bagian sisi rumah itu masih ada sehingga para peziarah bisa berpose tepat di lokasi foto legendaris itu.

1265b8bf-245c-4cb3-b16f-06a90ee9423d

Perjalanan Menuju Fatima

Rute paling mudah untuk menuju Fatima adalah menggunakan bis antar kota dari stasiun Sete-Rios di Lisbon. Metro paling dekat adalah Jadin Zoologio, yang berada tepat diseberang stasiun. Jadwal bis ke Fatima ada tiap jam dari 8 pagi sampai 8 malam dengan harga 20 euro pulang pergi. Perjalanan ditempuh dalam waktu 90 menit dengan menggunakan bis  Rede-expressos. Meskipun bisa membeli langsung di stasiun saya anjurkan untuk beli  online khususnya antara bulan Mei sampai oktober.

Sedikit peringatan, rute ini penuh dengan kakek nenek yang mau plesir berziarah,lho. Tiap kali bis berhenti di satu kota, mereka bertepuk tangan riuh. Rame sekali πŸ˜‚

fatima20

fatima25

Para nenek yang siap berziarah ke Fatima

Ibu saya juga sempet beradu mulut dengan wanita berkulit hitam yang mencuri tempat duduknya. Mereka berdua beragumen sahut-sahutan dengan bahasa Inggris yang sama-sama kacau. Untungnya ibu menang, dan wanita itu pindah ke tempat duduk sesuai nomer tiketnya πŸ‘πŸ˜†

fatima16

Stasiun Fatima. Kecil tapi rame

Toko Suvenir

Sesampainya di stasiun bis Fatima, kami langsung mendapati berderet toko yang menjual pernak pernik keagamaan. Yang menarik adalah ketika mendatangi sebuah toko dengan tulis ‘Free English guide’. Seketika muncul seorang ibu setengah baya yang mempersilahkan kami masuk. Dengan cekatan dia  mengeluarkan peta dan langsung memberi informasi mengenai tempat-tempat yang wajib dikunjungi.

Menurut pengalaman, saya agak kurang nyaman kalau ada sesuatu diberikan secara gratis. Pasti ada udang dibalik batu. Dan memang bener, ujung-ujungnys dia jualan. Tapi saya  hargai karena tidak pernah memaksa, dan mungkin ini cara paling efektif menarik pembeli dengan banyaknya saingan. Harganya pun lebih murah dibanding di dalam area gereja. Kemampuan menjualnya bagus. Jadi yang rencananya hanya mau membeli beberapa kalung rosario,   malah borong kipas segala πŸ˜“ 

fatima29

fatima19

fatima14

Yang unik di Fatima

Ada 3 hal unik yang saya liat di Fatima. Pertama adalah banyaknya pohon zaitun. Ternyata Fatima dulunya salah satu penghasil zaitun terbesar di Portugal.

fatima5

Pohon Zaitu sekitar Fatima

Hal unik kedua adalah ketika saya melihat banyak sekali orang yang berjalan sambil berlutut mengintari gereja. Kira-kira dibutuhkan waktu 30 menit utk satu kali putaran. Pasti sakit, dengkulnya? Ternyata ada kepercayaan apabila melakukan tradisi ini, permintaan dan doa anda akan terkabul. Apabila terkabul, harus kembali datang mengucap syukur. Saya liat ada beberapa orang yang  menggunakan pelindung lutut seperti yang dipakai saat olahraga. Wah curang itu πŸ˜‚ 

00023b46_medium

Hal unik ketiga adalah nama-nama hotel di Fatima yang mayoritas mamakai nama di Alkitab. Contohnya Genesis (kitab kejadian), Alleluya, Santa Maria, dan banyak lagi. 

fatima22

Kalau anda berada di Portugal, gak ada salahnya mengunjungi Fatima, meskipun bukan Katolik. Disini pengunjung bisa menikmati keramahan penduduk lokal sekaligus memahami adat istiadat dan sejarah Portugal ratusan tahun silam. 

Advertisements

21 thoughts on “Mukjizat penampakan Bunda Maria di Fatima-Portugal

  1. Duh sayang banget aku ga sempet ke Fatima pas ke Lisbon, udah timbang2 pengen kesana tp waktunya mepet dan masih pengen liat Sintra juga.

    Cla, udah pernah ke rumah Bunda Maria yang terakhir di Ephesus, Turki ?

    • Aku pernah ke rumah Bunda Maria di Ephesus. Tapi lokasi ini sebenernya baru mulai populer beberapa tahun terakhir . Rumah Maria sendiri masih diperdebatkan keasliannya karena blum ditemukan bukti arkeologi yang kuat. Tp setidaknya daerah itu (bukan rumahnya ya) sudah dpt approval dari Vatican sebagai tempat ziarah.

  2. Wah ternyata dari 3 anak yg selamat cuma satu saja dan berusia panjang sekali. Pasti sulit bagi lucia yg akhirnya hidup dan kisahnya menjadi legenda sedang kedua orang yang juga saksi hidup keajaiban sudah tiada diusia yg sangat belia.

  3. Meskipun saya tidak menganut agama yang sama dengan Mba, saya seneng baca cerita kaya gini πŸ™‚ Kira-kira apa ya perasaan tiga anak suci itu πŸ™‚

  4. Aku baru tahu soal kota Fatima ini, kak. Kalau 3 kota lainnya itu tahu hahaha (parah kalau sampai nggak tahu juga)

    Aku takjub Bunda Maria sebegitunya menampakkan diri di bumi, sampai bermandikan cahaya begitu. Miracles do happen ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s