Eropa / Spanyol

Wisata kuliner ala Santiago de Compostela

Santiago de compostela adalah sebuah kota yang tersembunyi di balik perbukitan  barat laut Spanyol, dan merupakan  bagian dari España Verde atau dalam bahasa Indonesia artinya Spanyol yang hijau. Dinamakan demikian karena daerah ini mempunyai musim hujan yang teratur, dan suhu udara yang sejuk, sehingga tanahnya gembur dan menghasilkan padang rumput dan hutan belantara yang subur. Di  sinilah surga makanan, dimana anda bisa menikmati hasil laut yang terkenal di dunia, daging sapi empuk, dan sayuran hijau segar berlimpah.

Di Santiago de Compostela anda bisa menemukan beraneka ragam makanan khas propinsi Galicia. Selama 3 hari disana saya tergelitik untuk mencicipi makanan dan minuman yang ditawarkan kota ini. Berikut beberapa yang berhasil  dicoba selama disana.

makan5

c43

Salah satu kafe di Santiago de Compostela

Croquetas 

Croquetas atau Kroket adalah adonan kentang dilapisi tepung roti yang digoreng. Jenis makanan ini sangat umum di Santiago de Compostela dan daerah Spanyol lainnya. Kroket bisa ditemukan di bar, kafe, dan bisa dinikmati sebagai makanan pembuka, makanan utama, atau sekedar snack .
 
Tiap restoran yang saya kunjungi  menyediakan kroket dengan resep andalan berbeda. Ada yang dicampur dengan ham, ikan cod, keju, bahkan black sausage atau sosis yang dibuat dari darah sapi. 

Perbedaan antara kroket Spanyol dan Indonesia adalah saos yang dipakai dalam adonan, dimana versi Spanyol memakai saos Bechamel, perpaduan antara susu,mentega dan tepung.
 

c58

makan3

Tapas

Tapas adalah variasi makanan ringan  khas spanyol, dimana anda bisa mix and match berbagai makanan porsi kecil untuk menjadi santapan yang mengenyangkan. Sistemnya mengingatkan saya seperti Dim Sum di Asia. Ada banyak variasi pilihan, seperti aneka keju, buah zaitun, paprika, cumi goreng, ikan asap.

Kata tapas bermula dari bahasa spanyol tapar yang artinya ‘menutup’  atau tutupan.Menurut sejarah, sebelum abad ke 19, infrastruktur di spanyol sangat buruk sehingga melakukan perjalanan antar kota sangat berat dan melelahkan, sehingga tersedia banyak penginapan untuk bermalam. Pada jaman itu banyak penduduk Spanyol buta aksara, dan penginapan tidak menyediakan menu, tetapi menawarkan beragam makanan diatas tutup panci sehingga lama kelamaan menjadi sebuah tradisi.

c57

Pulpo a feira

Makanan wajib yang harus dicoba di Santiago adalah pulpo a feira atau gurita rebus yang dimakan dengan garam, minyak zaitun, dan paprika. Anda bisa menemukan makanan ini di mana-mana, bahkan pasar lokal pun ada warung khusus yang menjual pulpo a feira sebagai snack. 

c56

c59

Paella

Paella adalah makanan tradisional Spanyol berbasis nasi yang biasanya dimasak dengan seafood seperti calamari, ikan, dan udang. Baru-baru ini mulai populer  perpaduan paella menggunakan tinta gurita yang bernama arroz negro. 

c55

Jamón ibérico 

Ham iberia adalah daging iris asap dari babi hitam iberia. Menurut saya rasanya enak sekali dan rasa gurihnya berbeda dengan prociutto-daging asap ala itali, meskipun bentuknya mirip.  

Untuk menikmati daging asap ini secara maksimal, anda harus memadukannya bersama dengan bocadio atau bocatta yaitu roti tradisional spanyol yang bentukanya seperti roti prancis tetapi lebih kering. Anda bisa menambah bumbu aioli atau bawang putih, saos tomat dan mayonnaise. 

c60

Carajillo

Kegiatan paling asyik pada sore hari adalah menikmati carajillo di deretan kafe di jalan kecil setapak Santiago. Carajilo adalah minuman tradisional spanyol yang memadukan kopi dengan brandy, whiskey, anisette atau rum. 

Menurut legenda, carajillo diciptakan di Cuba oleh tentara Spanyol untuk menambah rasa percaya diri dan keberanian, atau dalam bahasa Spanyol, Coraje. Sejak itu kopi dicampur alkohol disebut Corajillo. Salah satu favorit saya adalah kopi latte yang dicampur dengan rum. 

makan7

makan4

Bir

Bir sangat populer di Spanyol. Merek Bir yang yang paling ternama adalah Estrella Galicia. Perusahaan Bir ini didirikan oleh Jose Maria Rivera Corrall pada tahun 1906 sekembalinya dari Cuba dan Mexico. Sampai sekarang perusahaan ini masih perusahaan milik keluarga dengan cucunya sebagai pemimpin. 

makan6

makan2

Di Spanyol, bir Mexico merek Corona dinamakan Coronita atau mahkota kecil.Hal ini terjadi karena di Spanyol trademark Corona sudah dimiliki perusahaan lain. Tapi gak usah bingung,  karena packagingnya masih sama.

makan1

 Seafood

Di santiago anda wajib mencoba hasil lautnya. Rasanya lezat dan sangat segar.  Yang paling menyenangkan adalah menikmati calamari goreng  gurih bersama bir dingin.

Saya juga mencoba Queso Flameado yaitu makanan spanyol dengan keju cair yang dicampur dengan sosis Chorizo lalu di flambé, yaitu teknik masak dimana makanan dicucuri alkohol kemudian dibakar. Biasanya hidangan ini disediakan di piring keramik dan dimakan hangat2 dengan roti. Wahhhh luar biasa enak!

Kalau anda ke Santiago de Compostela jangan sampai melewatkan untuk  wisata kuliner, karena banyak sekali makanan dan minuman unik yang menggugah selera.

makan8

Advertisements

14 thoughts on “Wisata kuliner ala Santiago de Compostela

  1. Wah makanannya mengundang selera semua. Pertama kali nyobain Paela malah waktu di Borough market, London. Apparently enak yaa, semacam nasi kuning bumbu rempah gitu……

  2. Guritanya astagaaa…*towel2
    Pernah nyoba Paella di brussels tapi malah ga doyan karena eneg. Padahal porsinya gede. Ga diabisin, sayang. Mau diabisin ga kuat 😖

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s