Amerika Utara / Canada

3 Tujuan wisata di Drumheller: Land of the Dinosaurs

Alberta adalah  propinsi di Canada yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Di propinsi ini anda bisa menyaksikan keindahan pegunungan Rockies, birunya Lake Louise, atau berjalan diatas jembatan kaca  di Jasper National Park. Sayangnya turis Indonesia tidak banyak yang memasukkan Alberta ke dalam itinerary-nya, dan cenderung lebih memilih berkunjung ke Toronto atau Vancouver. Padahal banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati. 

Di daerah selatan Alberta ada area bernama Badlands tempat ditemukannya ratusan ribu fosil dinosaurus sehingga dijuluki Land of the Dinosaurs. Sebagian besar fosil tersebut  ditemukan di sebuah desa kecil yang terletak 2 jam dari Calgary bernama Drumheller. Berikut 3 objek wisata yang wajib dikunjungi disana.

1. Royal Tyrell Museum

Royal Tyrell Museum adalah museum paleontologi yang namanya diambil dari seorang geolog bernama Joseph Burr Tyrrell yang pertama kali menemukan fosil dinosaurus  tahun 1884. Museum yang terletak di tengah gurun ini memiliki 130,000 fosil, meskipun hanya 800 yang dipamerkan. Tiap tahun, ada saja berita di media yang menginformasikan penemuan terbaru. Bahkan tahun 2014 ditemukan fosil Pachyrhinosaurus atau kadal berhidung besar yang terkenal sangat langka. Dari ratusan koleksi yang dipamerkan di museum ini, ada 3 yang saya kagumi yaitu The Black Beauty, Death pose, dan Hellboy.

dino5

Black Beauty adalah fosil Tyrannosaurus Rex yang berwarna gelap mengkilat karena kandungan magnesium di dalamnya. Fosil ini ditemukan tahun 1980 oleh seorang pelajar  di daerah Crowsnest Pass dan merupakan salah satu dari 20 fosil Tyrannosaurus rex di dunia.  Karena bentuk dan warnanya yang unik, Black Beauty termasuk ‘selebriti’ di dunia paleontologi. Saya yakin Ross Gellar, salah satu karakter di serial TV Friends pasti heboh banget kalau ketemu si cantik ini. πŸ˜›

dino9

Black Beauty

Death Pose adalah postur kerangka fosil  dinosaurus saat ditemukan, yaitu dengan pose mendongak keatas, buntut tegak  dan mulut menganga. Disinyalir proses ini terjadi karena kandungan garam dalam air tempat fosil terkubur.

dino1

Tahun 2005, fosil Regaliceratops peterhewsi ditemukan di Drumheller. Fosil dinosaurus bercula berumur 68 juta tahun yang berbentuk seperti badak bertanduk ini diberi julukan Hellboy. Dinamakan demikian karena proses ekskavasinya yang begitu pelik.  Selain karena batu yang melindung fosil sangat keras,  fosil ini terkubur di dalam sungai yang  dilindungi pemerintah sehingga ada larangan untuk menggali. Proses izin dan teknis yang sangat rumit ini  memakan waktu 10 tahun, sehingga baru bisa dipamerkan di museum pada bulan Juni 2015.

dino6
Hoodoos

Hoodoos adalah  formasi geologi yang sangat populer di Alberta yang terjadi akibat  erosi yang disebabkan oleh air, angin dan es selama 75 juta tahun. Bebatuan berbentuk jamur ini terdiri dari tanah liat dan pasir yang terkikis 1 cm per tahunnya. Ketika berjalan disekitar Hoodoos anda akan merasa seakan sedang berada di planet lain.

Karena kontur alamnya yang unik, Hoodoos dan Badlands sering menjadi lokasi pembuatan film, seperti Unforgiven yang disutradarai  Clint Eastwood, Superman 3, Shanghai Noon dengan Jackie Chan, dan film yang menghantarkan Leonardo Dicaprio untuk mendapatkan Oscar pertamanya, The Revenant.

dino7

dino3dino4

Little Church

Little Church terletak sekitar 5 menit dari Royal Tyrell Museum dan dibangun oleh seorang kontraktor lokal bernama Trygve Seland tahun 1968. Gereja unik ini hanya bisa menampung 6 orang di dalamnya. Waktu saya berkunjung kesana, rasanya seperti main  rumah-rumahan. Dalamnya  sempit dan tiap kali duduk saya merasa seperti raksasa di rumah liliput.

dino12

dino11

IMG_0839

Masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi di Drumheller. Ada patung dinosaurus tertinggi di dunia (meskipun bentuknya memprihatinkan), Atlas Coal Mine yang menawarkan tur pertambangan kuno dengan kereta bawah tanah, dan Museum East Coulee, sebuah kota mati yang masih menyimpan peninggalan tahun 1936. Kalau anda ada kesempatan ke propinsi Alberta jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Drumheller, siapa tau gak sengaja menemukan fosil dinosaurus. πŸ™‚

Advertisements

38 thoughts on “3 Tujuan wisata di Drumheller: Land of the Dinosaurs

  1. The little church, di Niagara juga ada πŸ˜„. Antara Niagara Falls dan Niagara-on-the-lake. Aku suka banget ke museum Royal Tyrell. Pemandangan di luarnya juga cantik sekali πŸ˜„. Cerita dong mengenai Medicine Lake.

  2. Wah baru tau di Niagara ada Little church juga 😱 aku jg suka pemandangan di Drumheller. Keren. Aneh soalnya πŸ‘ wahhh kalo kotaku,Medicine Hat gak ada yg terlalu istimewa. Kadang kl ada temen dtg suka bingung jg mau diajak kemana πŸ˜‚

  3. Wow… Jadi penasaran pengen lihat fosil dinosaurus atau lewiatan πŸ˜ƒ foto2nya keren mbak. Apalagi yang foto batu2an itu… Cakeep 😍😍 mungkin wisata melihat fosil2 ini hanya menarik bagi mereka2 yang seneng sama dunia arkeologi, geologi dan kawan2nya mbak, makanya nggak banyak turis Indonesia ke Alberta ini 😊

    • Oh iya bener juga. Memang turis Asia jarang keliatan di Drumheller. Mungkin lbh pada seneng shopping ya di kota2 gede πŸ˜€
      Aku jg suka banget batu2an itu. Lihat lgs jauh lbh keren loh dibanding fotonya. Unik bgt soalnya.

      • iya mbak, mungkin juga karena turis Asia ini pada traveling menggunakan jasa agen wisata. dulu aku pernah jalan2 pake agen wisata karena sama sekali buta mengenai daerah yang kukunjungi. dan sebagian besar perjalanannya memang dihabiskan untuk belanja-belanji. jadi semacam ‘pemaksaan’ kalo pengunjung harus beli. XD lucunya, sebagian besar peserta tour ternyata memang senang belanja.. astagaa XD abis itu aku berdoa supaya kapan2 nggak perlu lagi pake jasa agen wisata kalo mau traveling. mending atur sendiri dan pelajari daerahnya sampai detil. apalagi zaman sekarang kan udah ada googlemaps ya πŸ˜€ sukses selalu buat travelingnya mbak Clara!

        • Iyaaaa betul, Messa. Kalo pake jasa tur emang ‘kepaksa’ harus pergi ke toko2 yg dah diatur sama mereka. Mereka dpt komisi kan tuh. Tp emang ada tur khusus shopping dan kebanyakan yg ikutan emang turis asia yg borongnya kayak utk jualan πŸ˜‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s