Amerika Utara / Canada

5 Pemberhentian menarik saat mendaki di Lake Louise

Terus terang mendaki gunung (hiking) bukanlah kegiatan favorit saya, tapi ternyata beda ya rasanya kalo mendakinya sambil dikelilingi pemandangan luar biasa indah,  sehingga rasa capek terobati seketika. Itulah yang saya rasakan ketika mendaki di Lake Louise, daerah Banff National Park di propinsi Alberta, Canada. Sudah dua kali saya mendaki disana. Yang pertama terasa kurang memuaskan karena tidak direncanakan. Waktu itu saya mendaki dengan celana jeans, dan sepatu kets biasa, sehingga jalanan terasa licin. Terlebih lagi saat itu hujan deras sehingga berkabut dan menutup pemandangan.

Hiking kali ini berbeda. Saya memakai celana legging ringan, jaket anti air, dan yang pasti sepatu hiking yang menapak dan tidak licin. Meskipun sempat hujan tapi bersyukur tidak lebat sehingga tetap bisa menikmati pemandangan. Beda dengan pendakian pertama menuju Lake Agnes, kali ini saya memasang target lebih tinggi yaitu menuju Little Beehive, disebut demikian karena bentuk gunungnya seperti sarang tawon. Untuk menuju kesana ada 5 pemberhentian menarik yang  bisa dilalui.

Pemberhentian 1 :

Pendakian ke Little Beehive diawali dari lakeshore trail (jalan setapak), yang terletak beberapa ratus meter dari hotel Fairmont Chateau Lake Louise. Pilih trail sebelah kanan. Tidak lama anda akan mulai mendaki. Perjalanannya tidak sulit, tapi sangat melelahkan karena harus terus mendaki keatas sejauh 2.7 km.

Ada tempat pemberhentian sekitar seperempat perjalanan. Sembari beristirahat, anda bisa melihat pemandangan Lake Louise dan pegunungan sekitar .

jalan8

Memandang Lake Louise dan pegunungan sembari beristirahat

jalanbanff

Little Beehive. Target pendakian hari itu.

Pemberhentian 2:

Setelah mendaki sejauh 2.7 km, anda bisa beristirahat di Mirror lake. Dinamakan demikian karena pada saat cuaca terang, anda bisa melihat refleksi pemandangan pada permukaan danau seperti layaknya pantulan kaca. Dari Mirror Lake terlihat dengan jelas gunung yang bernama Big Beehive (sarang tawon besar). Gunung itu akan menjadi target pendakian saya selanjutnya setelah berhasil mendaki Little Beehive. πŸ™‚

mirror1

Mirror Lake dengan pemandangan Big Beehive

mirrorlake2

Mirror Lake (photo Credit: F.Nelwan)

Pemberhentian 3:

Di pemberhentian ini anda bisa melihat Caddo Peak dan Mount Aberdeen, yg memiliki ketinggian 3,152 meters di atas permukaan laut. Di saat cuaca cerah pemandangan ini memang sangat memukau dan banyak pendaki yang berhenti sekedar untuk berfoto.

jalanbanff2

jalan6

jalan4

Pemberhentian 4:

Sekitar 1 km mendaki dari Mirror Lake, anda akan mencapai Lake Agnes Tea House. Untuk menuju kesana bisa melalui dua jalur yaitu jalan setapak melewati air terjun, atau naik tangga kayu yang  langsung menuju Lake Agnes.

Lake Agnes Tea House dibuka tahun 1905. Sejak saat itulah tradisi minum teh diatas Rocky Mountain dimulai. Nama Lake Agnes sendiri diambil dari nama istri perdana menteri Canada yang pertama,  Lady Agnes MacDonald. Beliau sangat  terkesan dengan pemandangan dari puncak bukit ini ketika berkunjung tahun 1886.

Agnes Tea House menyediakan berbagai macam aroma teh. Kalau anda bukan penggemar teh juga disediakan coklat panas dan banana bread. Bangunan tea house ini sudah direnovasi tahun 1981, tapi semua perkakas dan perabotan didalamnya seperti daun pintu, lemari, dan kursi adalah peninggalan dari tahun 1905.

teahouse3

Lake Agnes Tea House

teahouse2

teahouse1

Pemberhentian 5:

Pemberhentian terakhir adalah Little Beehive. Rute menuju bukit ini sangat sepi  karena tidak banyak pengunjung yang mendaki kesana. Dari puncak Little Beehive anda bisa melihat pemandangan spektakuler Lake Agnes, Lake louise dan pegunungan yang ditutupi salju.

liitlebee

littlebee5

litlebee4

Terrain pendakian tidak sulit tapi sangat melelahkan karena harus terus mendaki. Semakin keatas jumlah oksigen semakin sedikit sehingga pendakian terasa semakin berat. Untuk jalan turun pun harus hati-hati karena cukup curam dan bisa membuat lulut sakit.

  • Jarak: Dari Lake Louise ke Little Beehive 4.6 km
  • Elevasi: 2,270m dari permukaan laut
  • Keahlian mendaki: Moderate
  • Waktu tempuh: 2 jam mendaki, 1 jam turun

Masih banyak lagi jalan setapak lain di Banff National Park yang pemandangannya tidak kalah indahnya. Karena sudah berhasil mendaki Little Beehive, lain kali harus bisa menaklukan Big Beehive. πŸ™‚

 

 

 

 

 

 

.

Advertisements

41 thoughts on “5 Pemberhentian menarik saat mendaki di Lake Louise

  1. Hi Clara, love your story. Aku kepingin banget ke Lake Agnes Tea House. Dari Farimont katanya bisa naik kuda juga. Dua kali aku ke Lake Louise ngak sempat hiking ke sini. Pertama sudah di bulan October dan sudah tutup kedua kalinya in the middle of summer yang panasnya ampun-ampunan πŸ™‚ Katanya ramai sekali kok sepertinya sepi yah sampai di takut-takutin bawa bekal aja sendiri just in case tea house nya keramean dan mesan makanan lama. πŸ™‚

    • Wkt aku ke lake agnes tea house pas lagi ujan lebat, itu aja sangat rame, jadi terpaksa duduk diluar yg dingin. Kl cuacanya bagus pasti lbh rame lagi. Mnrt aku sih teh dan makanannya biasa saja, lbh menjual lokasi. Jadi kl pun kesana lagi mending bawa bekal sendiri daripada harus antre. Tp katanya kl datengnya weekdays biasanya lbh sepi.

    • Di Indo juga pemandangannya bagus2! Tp infrastrukturnya belum mendukung jd kl hiking susah, apalagi utk aku yg msh beginner bgt. πŸ˜‚ Kl disini dah dipersiapkan jalur utk pemula sampe jalur utk pendaki profesional. Selain itu ada website yg ngasih informasi ttg jalur pendakian, brp lama tempuh, dll. Jd bisa mempersiapkan diri.πŸ‘

  2. sist kalo ke lake louise pake gondola ke lake tea house juga nga, better jalan sendiri atau ikut lokal tour kalo belom punya pengalaman naek gunung…sory banyak nanya… tgl 11 mei 2017 saya mau ke banff national park, masih galau mau ikut lokal tour atau mau jalan sendiri, kalo jalan sendiri dari calgary naek apa y ke area rocky mountains… mhn infonya.. alangkah senang kalo bisa cerita detail akomodasi dan transportasi kesana menggunankan apa… terima kasih

    • Halo Entin, kalo ke tea house gak ada gondola. Harus daki sendiri sekitar 1 jam. Banyak kok informasi dan tandanya jadi gak mungkin nyasar.
      Kalo menurut aku mendingan jalan sendiri karena bisa lebih fleksibel. Kl bisa nyetir sendiri krn jarak dari lokasi A ke B agak jauh dan gak ada kendaraan umum. Kalo gak nyetir ya lebih baik ikutan tur.

      Kamu ada whatsapp atau

        • Hi clara apakah kamu stay di canada.. oke nanti aki info.. ini lg agak ribet ngurus visa canada… banyak pertanyaanya.. hehehe.. baru kali ini bikin visa agak jlimet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s