Amerika Utara / Canada

Berkunjung ke Makam Korban Titanic: Jack Dawson Nyata atau Fiksi?

Area pemakaman ini bernama Fairview Lawn Cemetary dan terletak di kota Halifax, Canada. Di pemakaman inilah terbaring 121 korban tenggelamnya sebuah kapal legendaris, RMS Titanic. Dulunya Fairview Lawn selalu tampak lengang. Hanya segelintir pengunjung yang datang, biasanya rombongan tur sekolah, ataupun keluarga korban. Namun semenjak film Titanic tayang tahun 1997, area pemakaman ini kontan menjadi  target kunjungan wisata. Tapi ada satu nisan yang menjadi incaran pengunjung yaitu nisan J.Dawson.

SONY DSC

Pemakaman Titanic di Halifax


SONY DSC

Pemakaman Titanic di Halifax

Jack Dawson adalah karakter yang diperankan Leonardo Dicaprio di film Titanic. Publik menyangka karakter Jack terinspirasi dari kehidupan J.Dawson yang dimakamkan di Fairview Lawn. Setelah film Titanic diliris, banyak remaja  berbondong bondong membawa rangkaian bunga, puisi, dan menangis di pusara J.Dawson. Namun James Cameron, sutradara Titanic mengaku bahwa Jack adalah karakter fiksi dan kemiripan nama adalah kebetulan belaka. 

Tapi siapa sebenarnya J Dawson? Pertanyaan itu dijawab oleh Discovery Channel melalui dokumenternya yang berjudul ‘Titanic’s Real J.Dawson’. J Dawson ternyata kepanjangan dari Joseph Dawson, pria berumur 23 tahun yang bekerja sebagai kuli batu bara di kapal Titanic. Sama seperti karakter Jack, Joseph juga seorang pria miskin asal Belfast, Irlandia yang mencari peruntungan di Amerika. Meskipun sudah terjawab identitasnya, tidak juga mengurungkan niat pengunjung untuk tetap datang membawa rangkaian bunga di nisan J.Dawson.

SONY DSC

Berfoto di nisan J. Dawson


1263941_joseph_dawson_jpg1548aeeffd80bdca854ea0fab4b4a764

Wajah asli J Dawson.

Kapal Titanic tenggelam di perairan Atlantik pada tanggal 15 April 1912. Dari 2,224 penumpang, hanya 705 yang selamat. Ratusan jenasah yang terombang ambing di lautan dievakuasi oleh armada kapal Halifax. Sayangnya karena jumlah zat pengawet jenasah terbatas, dari 306 korban yang ditemukan, hanya 121 yang berhasil dibawa ke darat.

SONY DSC

Semua nisan di kuburan Fairview Lawn dibuat dari batu granit. Saya sangat terkesan dengan tulisan-tulisan di beberapa batu nisan karena memberi sedikit celah bagi pengunjung untuk mengenal lebih dekat pribadi yang dikubur disini. Contohnya nisan Ernest Edward Samuel Freeman yang menceritakan perjuangannya menyelamatkan penumpang sampai akhirnya dia sendiri tenggelam bersama Titanic.

SONY DSC

Nisan di kuburan Titanic


SONY DSC

Nisan di kuburan Titanic

Ada satu nisan yang menarik yaitu nisan “Unknown Child” atau anak tak dikenal. Di sekitar nisannya banyak karangan bunga, mainan anak-anak dan boneka yang ditinggalkan pengunjung. Selama hampir satu abad tidak ada yang tau identitas anak ini. Hingga akhirnya tahun 2007 berkat bantuan teknologi DNA, barulah diketahui bahwa anak berumur 19 bulan itu adalah Sidney Leslie Goodwin, dan seluruh keluarganya tenggelam bersama Titanic. Sampai saat ini sepatu yang dipakai Sidney masih dipajang di museum Maritim di Halifax.

SONY DSC

Nisan Unknown Child


SONY DSC

Sepatu ‘Unknown child’

SONY DSC

Kapal Titanic dibangun di kota Belfast, tenggelam di Atlantik dan dikuburkan di Halifax. Di pemakaman Fairview Lawn inilah kisahnya berakhir. Banyak yang saya pelajari setelah mengunjungi pemakaman ini ,seperti proses evakuasi korban, suasana duka keluarga yang datang menjemput jenasah, dan informasi menyedihkan bahwa hingga saat ini sekitar 30 nisan masih tak bernama. Jika anda ada kesempatan ke Halifax dan tertarik dengan kisah Titanic, saya sangat merekomendasikan berkunjung ke pemakaman Fairview Lawn. Jack Dawson memang hanya fiksi, namun Joseph Dawson nyata dan saya yakin kisah hidupnya tidak kalah fantastis.

Advertisements

63 thoughts on “Berkunjung ke Makam Korban Titanic: Jack Dawson Nyata atau Fiksi?

  1. Baru tau kalau ada pemakamannya, aku pikir jasad mereka di laut semua dan ga sempat dikubur. Jack Dawson yang dimakamkan di situ pasti bahagia di sana, soalnya banyak fansnya 🙂

  2. ngeri ya tragedi titanic dulu :’ dari sekian banyak jenazah, yang berhasil dibawa cuma 121 dan itu menghias di makam-makam tersebut :’ kalau berkunjung disana antara takjub dan sedih juga ya :’

  3. nga ngira kalau jenazahnya masih ada aku kirain sudah hanyut dan hancur dilautan. terima kasih yach mbak clara untuk informasinya.

    kayaknya kemaren aku sudah comment dech tapi kenapa nga muncul yach hiksss..

  4. Wah! Baru tau ada permakaman khusus korban kapal Titanic. Dikira semua jasad penumpangnya tertinggal di air. Ternyata ada sekitar 100 yang dibawa ke daratan ya. Baru tau juga kalo Jack itu tokoh yang beneran ada. Hmm..

  5. Kukira Jack Dawson itu asli ternyata hanya fiksi toh, soalnya aku nangis nonton film ini Karena cerita jack sma rose doank :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s