Amerika Utara / USA

5 Koleksi Mengerikan di Mutter Museum

Apakah anda pernah nonton serial  TV berjudul American Horror story edisi Freak show? Serial itu menceritakan tentang sebuah museum yang membeli jasad manusia pengidap penyakit aneh atau mengalami cacat fisik untuk dijadikan koleksi.  Ternyata cerita ini terinspirasi dari sebuah museum di Philadelphia bernama Mutter museum.

Mutter museum adalah sebuah museum medis yang koleksinya menarik sekaligus menyeramkan. Contohnya saja disitu ada jasad bayi berkepala dua yang direndam air raksa, tengkorak wanita bertanduk, dan potongan tangan yang diawetkan.  Ngeri kan? Sampai saat ini jumlah koleksi di Mutter museum sudah mencapai 20,000 tp hanya 13% yang dipajang. Dari semua koleksi tersebut ada 5 yang menjadi favorit saya.

_DSC2189

Berfoto di depan Mutter Museum

about_overview

Mutter museum

 1. Koleksi Tengkorak Dr. Hyrtel

Pada tahun 1800-an, banyak ilmuwan berpendapat kecerdasan dan perilaku manusia berhubungan erat dengan ukuran kepalanya. Semakin besar kepala seseorang, semakin besarlah otaknya.  Dr. Hyrtel, seorang profesor medis dari Vienna menangkis pendapat tersebut dan yakin tidak ada korelasi antara ukuran otak dan ukuran kepala. Untuk membuktikan teorinya dia mengumpulkan tengkorak dari berbagai lapisan masyarakat. Namun metodenya dianggap gila sehingga dia dipaksa untuk pensiun dini.

Koleksi Dr. Hyrtel terdiri dari 139 tengkorak yang berumur lebih dari 200 tahun. Karena rapuh, dibutuhkan perawatan khusus dengan biaya yang besar. Saat ini Mutter Museum menggalakan kampanye ‘adopt a skull’ atau adopsi tengkorak. Pengunjung bisa membantu pelestarian tengkorak dengan memberi donasi minimum $200. Sebagai imbalannya, nama donatur akan dipajang selama setahun di etelase kaca bersebelahan dengan tengkorak pilihannya. Anda tertarik?

hyrtlskulls

Tengkorak koleksi Dr.Hyrtel

 

2. Kerangka Harry Eastlack

Kerangka Harry Eastlack sangat populer di Mutter Museum. Semasa hidupnya Eastlack mempunyai penyakit langka dimana otot, urat, dan jaringan tubuh berubah menjadi tulang hingga seluruh tubuh kaku seperti patung.

Kerangka Eastlack dipajang di etalase museum agar pengunjung bisa menyaksikan sendiri betapa mengerikan penyakit yang dideritanya. Umumnya setelah proses pembusukan, tulang belulang manusia akan terpisah  karena tidak adanya jaringan otot yang berguna sebagai pengikat. Namun kerangka Eastlack justru menempel satu sama lain karena jaringan ototnya telah berubah menjadi tulang tipis yang melapisi kerangka.

Meskipun sudah meninggal lebih dari 30 tahun, kakak perempuan Eastlack selalu datang saat ulang tahunnya untuk mengucapkan selamat ke adik tersayang dari balik etalase kaca. Justru kisah kasih inilah yang sampai sekarang menempel di ingatan saya, bukan penyakit yang dideritanya.

henry

 

fibrodysplasia

Kerangka Harry Eastlack

3. Manusia Sabun

Dipojok ruang museum terdapat sebuah peti kaca. Di dalamnya tampak seonggok benda berwarna coklat kekuningan yang awalnya saya pikir tumpukan kain. Semakin dekat terlihat dengan jelas bahwa ini adalah jasad manusia yang sedang menganga tanpa gigi. Inilah si manusia sabun.

Kenapa disebut manusia sabun? Rupanya jenasah ini dikebumikan di daerah dengan suhu dan jenis tanah tertentu yang membuat lemak di tubuhnya berubah fungsi menjadi pengawet. Karena lapisan lemak di tubuhnya yang terlihat lembek dan licin, muncullah istilah manusia sabun. Anehnya museum ini menjual sabun tangan berbentuk manusia sabun untuk  anda pakai dirumah. Kira-kira ada yang beli gak ya?

mutter1

Manusia sabun

soap_lady_soap

Sabun tangan

4. Potongan Otak Einstein

Albert Einstein meninggal tahun 1955. Ketika jenasah Einstein diotopsi, seorang dokter bernama Thomas Harvey mengambil otaknya tanpa sepengetahuan keluarga untuk diteliti. Ketika keluarganya tau, mereka keberatan, tapi akhirnya setuju asalkan otak itu digunakan untuk ilmu pengetahuan, dimana hasil penelitiannya dipublikasikan ke masyarakat luas.  Hingga saat ini, hanya ada 2 tempat di dunia yang diketahui masih menyimpan otak Einstein. Salah satunya adalah Mutter Museum.

einstein

Potongan otak Einstein

5. Usus besar raksasa

Menurut saya, usus besar raksasa adalah kole ksipaling menjijikan. Usus besar ini diangkat dari perut seorang pekerja sirkus yang dikenal dengan sebutan Manusia Balon karena perutnya yang besar. Manusia Balon meninggal  umur 30 tahun karena komplikasi usus yang membuatnya tidak bisa buang air besar selama sebulan penuh. Ketika diotopsi, di dalam usus besarnya terdapat 20 kg tinja. jijik kan? Sekarang usus besar itu dipajang di museum, untungnya isinya sudah diganti jerami.

megacolon

usus besar raksasa si manusia balon

DSC00325

Manusia Balon

Kalau ke Philadelphia saya rekomendasikan untuk mampir ke Mutter Museum, apalagi kalau anda penggemar American Horror story. Sayangnya di dalam museum tidak boleh foto jadi gak bisa bernarsis ria dengan manusia sabun atau koleksi mengerikan lainnya. Meskipun agak serem, Mutter museum menawarkan pengetahuan luas tentang sejarah dan ilmu pengetahuan. Sesuai dengan slogannya,” Mutter Museum- Disturbingly Informative”.

blog_MegaColonGiantColon_lg

Boneka Usus besar yang bisa dibeli di toko suvenir

 * Semua foto dalam museum diambil dari situs Mutter Museum

Advertisements

23 thoughts on “5 Koleksi Mengerikan di Mutter Museum

    • Iyaaaa bonekanya lucu. Tp mnrt aku rada gak etis deh jualnya boneka gt. Kaya ngambil kesempatan diatas penderitaan org lain. Kan kasian manusia balon dan manusia sabun . iya gak sih? Mnrt km gimana?

      • Iyaa kalau yg boneka lucu nya hanya sebatas bentuk aja, tapi begitu tau ceritanya sih jadi segan beli, bener, rada ga etis. Apalagi manusia sabun.. Oh nooo kalo itu sih dari bentuknya aja udah serammm! Hehe, tapi rasanya ada aja yah org yg suka..

  1. wuihhhh… serem museumnya, tadi kirain koleksi ibu-ibu apa gitu dari namanya (Mutter = ibu dalam bahasa jerman)

    terus apa hasil dari penelitian otak einstein itu mbak? adakah dijelaskan?
    omong-omong, sabunnya lucu juga yah…

    • Wah berarti awalnya km baca artikel itu dengan harapan liat foto rajutan baju atau prakarya ibu2 ya. 😂
      Penelitian otak Einsten msh berlangsung sampai skrg. Yg pasti meskipun lbh kecil dibanding manusia normal, di otaknya terdapat lapisan sel bernama sel Glial yg jumlahnya 15% lbh banyak dari manusia pada umumnya. Kira2 itu yg membuat dia jenius.
      Oh ya kamu mau beli sabun itu? Aku mah males setelah liat aslinya 😂

      • hahaha… awalnya gitu, apalah yang berkaitan dengan emak-emak.
        tapi saya termasuk pecinta museum dan castle, jadi, selalu saja menyenangkan ngikutin walau serem.

        sip, makasih untuk penjelasannya mbak. memang dah si opah jenius satu itu.
        iya, lucu setelah dibuat sabun tangan. tapi, nggak banget lihat aslinya, termasuk yang usus itu, duh, nggak banget.

  2. Serem-serem jijik ya… tapi memang jadi bikin kita bertanya-tanya ya… trus jadi belajar lagi deh.
    Btw, di Surabaya juga ada museum tentang seks dan santet, aku nggak ngerti kenapa disambungin gitu, tapi isinya juga gak kalah absurd, ada rambut isi perut bekas santet segala… 😀 😀

    • Oh ya? Aku baru tau. Kalo aku ke surabaya pasti kesana. Tp terus terang horornya bule kalah serem sama Indo. Takutnya nanti mampir ke museum santet pulangnya ada yg ngikut. Hiiiiiyy 😱😱

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s