Asia / Indonesia

Wisata kuliner di Manado bareng Mbak Tia

Minggu lalu saya mendapat kabar kalau Mbak Tia, sepupu saya yang berdomisili di Manado akan pindah ke Medan untuk mengikuti suaminya yang ditugaskan kesana. Langsung keinget pengalaman pertama ke Manado tahun lalu. Benar-benar menyenangkan, khususnya wisata kulinernya. Untung saja saya mampir sebelum Mbak Tia pindah dari Manado, jadi sempat diajak muter ke tempat makan lezat. Saya berada di Manado selama seminggu, dan begitu banyak variasi makanan yang saya coba.

Babi Tore

Babi Tore adalah daging babi yang digoreng sampai kering hingga kulitnya menjadi renyah lalu dicampur sambal. Di keluarga besar saya, babi tore menempati posisi teratas sebagai masakan Manado paling digemari. Saking sukanya, tiap kali saya pulang ke Indonesia, ibu akan memesan babi tore langsung dari Manado dan dimasukkan dalam freezer. Jadi sesampainya di rumah bisa langsung saya nikamati. Sayangnya Babi Tore ini jarang ditemukan di jakarta karena proses pembuatannya yang lama. Jadi bayangkan betapa senangnya waktu berkunjung ke Manado dan babi tore ada dimana-mana.

index

Babi Tore

DSC00686

Babi  yang  dijemur dipinggir pantai untuk dimasak Tore

DSC00687

Regey

Ragey adalah sate babi khas Manado yang dimakan bersama dengan bumbu dabu-dabu. Sebelum anda mencoba, sebaikanya saya peringatkan untuk berhati hati kalau makan ini. Kenapa? Karena setelah makan ragey 2 tusuk, saya langsung pusing luar biasa sampai harus minum obat. Meskipun rasanya lezat tapi ternyata kandungan lemaknya dahsyat, ya! Di Manado ada perbedaan antara sate dan Ragey. meskipun bumbunya sama, tapi sate potongannya lebih kecil dan harga per tusuknya Rp.2500. Sedangkan ragey potongannya besar dan harga satuanya bisa mencapai Rp.6000.

DSC00364

Ragey

Sashimi ala Manado

Sashimi ala Manado ini sangat unik. Tuna mentah dipotong potong layaknya sashimi, tapi makannya pake kecap manis dan potongan cabe, lalu dimakan bersama singkong. Aneh banget kan?! Harganya juga miring yaitu Rp.30.000 per porsi. Kualitas ikannya baik, sehingga terasa segar dan manis di lidah. Harus dicoba!

DSC00360

Sashimi dengan kecap cabe dan singkong

Pisang Goreng Goroho

Senja di Manado memang paling asyik santai di pinggir pantai sambil ngemil. Sore itu saya diajak ke Pantai Malalayang untuk menikmati pemandangan sekaligus menikmati kudapan khas Manado, yaitu pisang goreng Goroho biasanya ditemani sambal dabu-dabu terasi. Pisang ini biasanya digoreng begitu saja, tanpa tepung. Beda dengan jenis pisang lain, Pisang Goroho paling enak dimakan waktu masih muda. Kalau sudah matang rasanya malah asam.

DSC00136

Pisang Goreng Goroho

DSC00385

Adik Diti dan Mbak Tia menikmati pemandangan sambil makan pisang

All you can eat versi Manado

Masakan Manado sangat beragam. Kadang malah bingung mau makan yang mana. Mau nyoba sop Brenebon, tapi babi Woku itu keliatan menggiurkan. Gak usah bingung. Ada solusi kok, dalam bentuk restoran All you can eat versi Manado. Jadi anda bisa nyoba semua masakan, makan sepuasnya, dan hanya membayar Rp.27.000. Kalau tertarik, restoran seperti ini banyak berderet di pinggir jalan menuju Kota Tomohon.

DSC00615

DSC00613

Malabar babi

Baru kali ini saya nyoba yang namanya malabar babi. Menurut Mbak Tia, tempat ini terkenal dan harus buruan antre kalau tidak mau kehabisan. Karena kami datang kepagian, kami malah terpaksa menunggu sang penjual yang masih sibuk mempersiapkan kedainya. Awalnya saya pikir rasanya seperti malabar biasa. Setelah dicoba ternyata beda. Enaaaaaak banget. Meski sebelumnya kami sudah makan, tetep saya bisa abis 3 potong (mungkin rakus tepatnya).

DSC00366

DSC00368

Menunggu warung malabar buka

Daftar Masakan Manado yang saya coba dan tidak masuk artikel ini masih banyak. Ada Tinutuan, mie babi di pasar Lililoyor, mie kuah cakalang, nasi kuning Manado, babi dalam buluh, banyak banget dan enak semua. Jadi kalau ada kesempatan ke Manado, pastikan untuk melakukan wisata kuliner karena pasti anda akan ketagihan.

Sebentar lagi Mbak Tia akan pindah ke Medan. Sudah jadi rahasia umum kalau masakan disana juga beragam dan gak kalah enaknya. Survey ya mbak, jadi kalo aku mampir ke Medan kamu bisa jadi guidenya. :-p

Advertisements

43 thoughts on “Wisata kuliner di Manado bareng Mbak Tia

  1. Kalau olahan babi, Manado memang juaranya… saya doyan banget sama ragey sampai habis dua tusuk, puas banget deh pokoknya :hehe. Pengen makan lagi deh kalau suatu hari nanti main ke sana lagi. Terima kasih buat info malabar ba nya Mbak, itu wajib banget dicoba :aaaak.

  2. Gokilllll…parah neh bacanya sampe ngiler-ngiler mbaaa. Wajib neh emang ke Manado. Waktu itu pernah ke Manado sekali cuma ke Tomohon doank dan itu untuk keperluan nemenin nyokap selama 2 hari aja. Jadi nggak sempet ngapa-ngapain T___T

  3. tampaknya saya melewatkan kesempatan icip-icip ini waktu di jakarta dulu, setidaknya resto yang di jakarta maksudnya. buat ngiler semua… terutama Babi Tore dan Regey nya… enaknyaaa… kuliner kita memang tidak ada duanya.

    dan oh ya, background fotonya (pantainya) keren banget ya.

  4. Aku pingin icip pisang goreng Goroho nya mba, bentuknya unik ya panjang n kurus gitu :D. Kalo olahan babi nya… waduuuh… maunya diganti sama daging sapi aja ya secara daku Muslim hahahaha.

  5. Aduhhh…aku gak pernah makan babi-babian Manado, soalnya kalau ke beautika gak ada yang haram *atau jangan2 aku yang gak tahu*.

    Nanti kalau balik ke Jakarta mesti cari restauran Manado yang haram nih. Ada rekomendasi gak Clara?

  6. Baca ini jadi kangen banget sama Manado. Dulu sering ditugaskan kesana plus ada sodara di Tomohon. Tondano, dan Bitung. Pulang dari Manado selalu timbangan naik haha. Soalnya selalu kulineran ikan dan lainnya yang masuk kategori bisa kumakan. Ikan bakar dipinggir Malalayang beneran bikin nasi cepet ludes :)))) pulang ke Jakarta selalu dibekelin Abon Roa super pedes bikinan saudara *mendadak ngiler nulis gini haha

  7. Memang klo di manado wisata kulinernya dahsyat mbak, klo ke manado lagi harus coba yang namanya Gohu IkanTuna, RW, Mie Ampas Babi, Tinorangsak, Ikan Mas Woku, Water (Ulat Sagu yang di bakar), Ular Bumbu Kuning, Ayam Tuturuga dan masih banyak lagi… Yang Pasti Semuanya Mantap, tapi agak Extream sih dikit hehehehe xD, Salam dari saya Warga Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s