Asia / Indonesia

Ada UFO di Candi Sambisari?

Tiap kali  berkunjung ke Jogjakarta, keluarga saya yang tinggal disana, Om Seno dan Mamah Nila selalu berusaha mengajak saya mengunjungi Candi Sambisari. Kebetulan lokasinya dekat dengan rumah mereka, sekitar 10 menit naik mobil. Tapi sayangnya gak pernah kesampean karena sibuk menjelajah daerah lain, atau karena panas dan males :-P. Ketika berkunjung ke Jogja tahun lalu, saya menyempatkan diri ke Candi tersebut untuk ‘sekedar tau’. Toh kalau bosan tinggal pulang, kan? Tapi gak disangka kunjungan ini malah menjadi kunjungan magis, dan bahkan mungkin sempat berpapasan dengan mahluk luar angkasa (UFO).

Candi Sambisari adalah candi agama Hindu yang berada si daerah Kalasan, Sleman, Jogjakarta.  Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung dan pada zaman kerajaan Mataram Kuno. Kisah ditemukannya candi ini amat unik. Pada tahun 1966 seorang petani di desa Sambisari sedang mencangkul dan menemukan bongkahan batu yang diduga bersejarah. Dia kemudian melaporkan temuan tersebut ke Balai Pelestarian Cagar Budaya di Yogyakarta. Sisa candi ditemukan pada kedalaman 6.5 meter dan disinyalir tertimbun lahar dari gunung merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke 11. Setelah selesai dipugar tahun 1987, candi ini diberi nama Candi Sambisari sesuai dengan nama desa tersebut.

Saya beserta kelurga sampai di Candi Sambisari sore hari. Sayangnya candi  sudah tutup jam 4, jadi kami hanya diperbolehkan berfoto di areal seputar lokasi. Tidak lama saya tersadar bahwa ada sesuatu yang aneh pada beberapa hasil foto, dimana terlihat  suatu benda terbang melintas di atas candi. Saya yakin ketika memfoto tidak melihat benda apapun di langit. Saya  mengunggah foto Candi Sambisari di Instagram dan gak berapa lama foto tersebut dibahas di komunitas UFO Indonesia dengan beragam teori. Ada yang bilang itu drone, burung, atau layangan. Bagaimana menurut anda?

unnamedNIF2JTR1

Foto yang saya ambil di Candi Sambisari. Perhatikan pojok kiri atas seperti terlihat benda terbang

image1

image2

Pada saat itu saya tidak terlalu ambil pusing dengan teori-teori netizen, karena sembari mendengar cerita pak satpam penjaga candi yang secara sukarela menjadi tour guide. Pak satpam (yang saya lupa namanya) bercerita bahwa kadang ada komunitas tertentu yang membooking candi setelah tutup untuk melakukan meditasi. Disinyalir candi ini memiliki kekuatan gaib yang yang bisa membuka relung dimensi lain. Saya tersentak ketika dia menginformasikan bahwa banyak benda asing melintas di langit. Selain itu daerah ini pernah dihebohkan dengan munculnya crop circle pertama di Indonesia.

Crop circle adalah pola yang muncul pada ladang ketika beberapa bagian rumput diratakan. Pola ini ditemukan di seluruh dunia namun sampai saat ini tidak ada yang tau siapa yang membuat, bagaimana prosesnya dan kegunaanya, apalagi biasanya muncul tiba-tiba tanpa suara. Crop circle pertama kali didokumentasikan tahun 1678 di Inggris. Bayangkan, saat itu manusia belum menciptkan pesawat ataupun balon udara, dan pola itu hanya bisa dilihat secara utuh dari langit. Aneh kan? Karena kemunculannya yang tiba-tiba dan misterius, warga menganggap crop circle adalah ciptaan iblis.

mowing

Dokumentasi Crop Circle pada koran tahun 1678 (Photo: ancientufo.com)

Tahun 2011, Jogjakarta dihebohkan dengan penemuan crop circle di daerah Sleman dekat candi Sambisari.  Crop circle berdiameter 70 meter ini ditemukan pada jam 6 pagi oleh seorang petani bernama Tukiman. Kemunculan terjadi secara tiba-tiba dalam waktu semalam, tanpa adanya suara yang mencurigakan.

Tidak lama setelah kemunculan crop circle, seorang mahasiswa asal Jogja jurusan pertanian mengaku melalui situs studentmagz.com bahwa dia bersama 6 temannya lah yang membuat crop circle. Alasan membuat pola tersebut adalah untuk mempraktekan kemampuan matematika terapan, keahlian desain, dan tentunya mencari sensasi. Namun mahasiswa ini enggan menyebutkan nama dan bagaimana proses pembuatannya sehingga banyak yang menyangsikan kebenarannya.

1421860842031

Crop Circle yang ditemukan di Klaten. (Foto source: Kompas.com)

Indonesia Crop Circle

Meneliti crop circle di Sleman ( Photo source: Jakarta Post)

Sampai saat ini Crop circle di Sleman masih merupakan misteri. Bahkan pak satpam mengakui bahwa warga sekitar sempat takut dan was-was kalau munculnya crop circle adalah suatu pertanda bencana, apalagi saat itu sering terjadi gempa. Namun selama beberapa minggu warga banyak mendapat penghasilan tambahan dengan menjual makanan dan minuman pada turis dari seluruh penjuru Indonesia yang penasaran melihat crop circle. Kalau anda ada kesempatan ke Jogjakarta, sediakan waktu untuk berkunjung sejenak ke candi Sambisari. Tentunya anda bisa belajar sejarah, menikmati pemandangan alam, dan siapa tau anda beruntung bisa bertemu dengan mahluk luar angkasa. 🙂

 

Advertisements

50 thoughts on “Ada UFO di Candi Sambisari?

    • Semoga ufo beneran ya. Jadi kan aku bisa ngaku punya pengalaman liat ufo 😂 kalo crop circle di sleman cukup misterius soalnya banyak penduduk yg mengaku gak liat apa2 pas mlm, tp pagi2 udah muncul. Berarti siapa pun yg buat ngerjaiin nya semalam suntuk. Rajin bgt 😂

  1. Ahh iya sempet heboh ni ya thn 2011…candinya cantik. Tapi aku penasaran juga sih andaikan benar bisa masuk ke dimensi lain. Hahaha kebanyakan baca supernova😊

  2. This is thrilling! UFO dan crop circle itu sungguh menarik minat untuk ditelusuri. Perasaanmu gimana waktu pertama kali lihat di kamera kok ada penampakan UFO?

    Jadi nyesel tempo hari ke Jogja tidak sempat mampir ke candi Sambisari. Next time musti kesampean, hehe..

    • Iya betul menarik sekali. Waktu saya foto sih saya gak yakin itu apaan, sampe skrg jg gak yakin. 😂 Bisa drone, burung, ato layangan, aku berharap sih beneran UFO. Hehhee Tp yg pasti emang wkt saya foto gak ada apa pun yg terbang melintas. 😱 iyaaa lain kali harus kesana. Asik ngobrol sama penduduk sekitar yg lbh tau kisah tentang ‘mahluk’ penunggu candi sambisari.

  3. menurutku sih UFO memang benda yang belum teridentifikasi, jadi selama itu belum diketahui sebenernya benda apa tetep saja layak disebut UFO walau di waktu setelahnya ketahuan itu pesawat atau drone atau memang kendaraan alien atau apalah.. 😆

    meski begitu, candi sambisari memang apik banget mbak.. 😀

    • Oh bener juga. UFO kan singkatan dari unidentified Flying Object. 😂 iyaaa candi sambisari bagus. Unik bgt krn dulunya tertimbun tanah sedalam 6 meter, kayak peradaban Pompeii di Itali.

  4. judulnya sukses bikin penasaran mba hahaha…
    dikaitkan ke UFO ya…kenapa tidak ada yang mengaitkannya dengan makhluk halus, ya? *lagi suka tema horror*

    • Oh bisaaaa kok dikaitkan dengan mahluk halus. Kan pak satpam yg jaga candi bilang kl banyak org dtg malem2 utk semedi supaya bisa masuk ke dimensi lain. Cukup horor lah itu 😂

  5. Itu beneran ufo kali. Tapi dari dulu saya merasa bahwa ufo itu tidak pernah ada. Bahkan setelah melihat foto2 alien pun saya tidak percaya. Mungkin itu pesawat terbang yg sedang uji coba ha ha ha…….

  6. Candinya sih emang cantik, tapi kalo diliat-liat kok jadi bikin bulu kuduk berdiri yah? 😳

    Apalagi ditambah banyak cerita yang “aneh-aneh”. Kayanya kalaupun berkesempatan pergi ke sana, gak mau sendirian, ah… Hihihi… :mrgreen:

  7. Kalau itu drone, apakah drone bisa dilihat sebesar itu dari jauh ?
    Wah misterius sekali.

    Aku juga baru tau istilah crop circle dari sini.

  8. Waktu saya masih kuliah di Jogja tahun 90an, memang beberapa kali mendengar cerita bahwa di daerah Candi Sambisari sering terliat UFO. Tapi ya hanya cerita, tidak ada bukti foto dan saya juga tidak membuktikannya secara langsung.

    • Wah berarti dari taun 90an udah ada gosip ttg UFO disana ya? Menarik bgt. Apalagi jaman itu kan belum ada internet dan sosial media, jd beneran cerita dari mulut ke mulut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s