Amerika Utara / Canada

5 Langkah membeli mobil bekas di Canada

Sudah 4 bulan ini saya tinggal di sebuah kota di Propinsi Alberta bernama Medicine Hat. Aneh ya namanya?! Kota ini lokasinya sekitar 3 jam dari Calgary dengan jumlah penduduk 10 ribu jiwa. Setelah tinggal di Toronto selama 6 tahun, tinggal di Medicine Hat rasanya beda banget. Gak terlalu banyak pilihan restoran, dan mall-nya pun hanya satu. Tapi selebihnya kota ini tenang dan cukup menyenangkan kok, meskipun transportasi umum disini susah! Bis hanya ada tiap 30 menit sekali, dan rutenya pun tidak banyak. Tentunya jadi tambah berat pas musim dingin yang cuacanya bisa mencapai minus 26 derajat celcius. Akhirnya setelah pikir panjang saya pun memutuskan untuk membeli mobil bekas. Targetnya cari yang murah meriah dan bisa dipake untuk pergi dari lokasi A ke B tanpa masalah. Ternyata proses membeli mobil bekas itu cukup ribet, ya. Berikut 5 langkah yang saya lakukan untuk membeli mobil bekas di Canada

1. Riset di internet dan koran lokal: Saya mencari mobil melalui situs Kijiji atau Craiglist. Tapi karena gak ngerti mesin, terus terang rasanya sulit sekali. Sebagai pendatang baru di Medicine Hat, saya belum banyak kenalan, apalagi orang yang bisa dipercaya untuk membantu. Kebetulan pada saat yang sama teman kantor mau menjual mobilnya, yaitu Ford Focus tahun 2003 dengan jarak tempuh 50,000 km (Rupanya mobilnya hanya dipakai keliling Medicine Hat). Tentunya membeli dari teman kantor rasanya lebih tenang karena kalau ada masalah gampang untuk minta pertanggungjawaban. Lagian pasti malu lah dia sama kolega yang lain kalau menjual barang jelek. Iya gak sih?!

2. Cek keadaan Mobil: Karena gak ngerti mesin, teman serumah saya bersedia untuk ngecek keadaan mobil. Meskipun perempuan, ternyata dia dulu pernah kerja di bengkel mobil,loh. kebetulan dia juga punya teman seorang mekanik yang bersedia membantu. Setelah dicek, meskipun sudah berusia lebih dari 12 tahun, kondisi mobil masih sangat bagus.

3. Membeli asuransi mobil: Mobil baru bisa dipakai kalau sudah ada asuransi. Membawa mobil tanpa asuransi itu ilegal di Canada dendanya mencapai $2500 bahkan hukuman penjara. Jadi selama beberapa hari saya pun sibuk shopping asuransi dengan harga terbaik. Biaya asuransi tergantung dengan beberapa faktor contohnya berapa lama kita punya SIM Canada, umur, sejarah nyetir selama 5 tahun terakhir (apakah pernah tabrakan atau kena tilang), dimana mobil akan diparkir (apakah diparkir dalam garasi atau dipinggir jalan), dan juga umur dan merek mobil. Butuh waktu 3 hari untuk memutuskan perusahaan asuransi terbaik untuk mobil saya

4. STNK dan Plat mobil: Langkah berikutnya adalah meregistrasi mobil untuk mendapatkan STNK dan plat nomor mobil. Registrasi dilakukan di License and registry services atau kantor registrasi. Ada 3 dokumen yang harus disiapkan yaitu Bill of sale (bukti pembelian mobil), bukti asuransi, dan SIM Canada. Total biaya adalah $100.

5. Memasang plat mobil: Saya ngambil mobil di rumah teman kantor. Ingat sekali hari itu sudah sore dan hujan. Untung saja masangnya cepet dan gampang. Sempat liat beberapa tetangga mengintip dari balik jendela mungkin bertanya-tanya,”ini siapa Mbak Asia masang plat mobil sendirian hujan-hujan?”.

Gak nyangka ternyata beli mobil bekas itu ribet juga ya. Meskipun prosesnya cukup panjang tapi puas juga, dan banyak pengalaman baru yang didapatkan. Yang pasti udah gak harus menderita kedinginan nunggu bis pagi-pagi di cuaca minus. Meskipun sekarang beli mobil bekas, semoga 5 tahun ke depan kebeli ya Range Rover keluaran terbarunya. 😛

 

 

Advertisements

17 thoughts on “5 Langkah membeli mobil bekas di Canada

    • Ada kok yg harga segitu tp ya kualitasnya ngawur 😂 meskipun bekas, tp mesinnya emang aku cari yg masih bagus dengan kilometer rendah, jadi tahan lah utk dibawa 4-5 taun lagi. Aku belinya $3500 termasuk dpt 4 ban winter (kalo winter harus ganti ban khusus karena licin).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s