Eropa / Italia

Banyak Jalan menuju Roma I: Persiapan Perjalanan

Bulan Desember 2012, saya, orang tua dan adik memutuskan untuk mengadakan liburan  bersama ke Itali. Ini adalah family trip pertama setelah 4 tahun. Saya berdomisili di Kanada dan keluarga di Indonesia. Untuk menghemat biaya dan waktu kami bertemu langsung di tempat tujuan, Roma.

Tiket

Saya browsing tiket sejak bulan Juli. Akhirnya menemukan harga yang terjangkau Toronto-Roma PP dengan Alitalia seharga C$800.  Tapi jadwal diperpanjang dari 10 menjadi 16 hari karena kita mau ke Prancis juga.

Dengan multi destination harga penerbangan naik drastis menjadi C$1800. Terlalu mahal. Setelah riset di internet dan travel agent, ditemukan harga terbaik dengan British Airways seharga C$1300 Toronto-Roma, Paris-Toronto (termasuk pajak). Karena murah, tiketnya non-refundable.  Untungnya asuransi perjalanan meng-cover kebutuhan Visa sehingga jika Visa schengen gagal, uang penerbangan kembali.

Ternyata keluarga saya hanya mendapatkan Schengen visa 10 hari, jadi ke Prancis dibatalkan dan diganti dengan Turki. Kami memilih Turki karena  negara ini diluar area Schengen, menawarkan Visa on arrival untuk WNI, dan cukup dekat dengan Itali (2 jam penerbangan dari Milan). Tapi saya tetap harus balik ke Toronto melalui Paris, karena tiket dengan British Airways tidak bisa dirubah. penambahan biaya dari Milan-Istanbul, Istanbul-Paris adalah C$425 menggunakan Turkish Airlines.

Akomodasi

Untuk membuat Schengen Visa, harus ada bukti pembayaran akomodasi di kota-kota yang akan dikunjungi. Untuk kebutuhan ini, saya menggunakan situs langganan  www.agoda.com.  Akomodasi yang saya pilih harus maksimum  C$50 per orang termasuk sarapan, lokasi yang dekat dengan tempat wisata atau transportasi umum, dan bisa dibatalkan tanpa denda. Untuk mencari akomodasi seperti itu susah-susah gampang. Kadang yang murah tanpa sarapan, atau murah tapi lokasi kurang bagus.  Total biaya untuk akomodasi selama 16 hari perjalanan sekitar C$650 per orang.

Transportasi

Perjalanan antar kota di Itali dilakukan dengan mobil. Setelah dihitung, biayanya lebih murah dibanding kereta.  Total biaya untuk 4 orang menggunakan Eurail (sistem kereta Eropa)  C$912 (C$228 per orang). Tiket  berlaku 4 hari dalam 2 bulan. (http://www.eurail.com/eurail-passes/one-country-pass/italy).  Sedangkan, menyewa mobil jatuhnya C$850 untuk 4 hari. Biaya itu sudah termasuk asuransi, GPS, bensin, tol, parkir. Menyewa mobil dipilih karena  lebih murah, lebih fleksibel menentukan waktu dan tujuan. Selain itu tidak repot menenteng koper.

Pembuatan Visa Schengen

Schengen visa harus diurus di  kedutaan dari negara yang pertama dikunjungi ATAU yang paling lama disinggahi. Saya memilih Konsulat Italia  karena masuk daerah Schengen melalui Italia dan berada paling lama disana (16 hari perjalanan, 10 hari di Itali). Sesuai peraturan, Schengen Visa baru bisa diurus paling cepat 2 bulan sebelum keberangkatan. Konsulat Italia di Toronto  terletak di 136 Beverley Street.

Yang termasuk negara Schengen adalah: Austria, Estonia, Yunani, Latvia, Belanda, Slovakia, Belgia, Finlandia, Hungary, Lithuania, Norwegia, Slovenia, Chekoslowakia, Prancis, Islandia, Luxembourg, Polandia, Spanyol, Denmark, Jerman, Itali, Malta, Portugal, Swedia, dan Swiss.

Untuk mengurus Schengen visa dari Toronto berikut dokumen-dokumen yang harus dilampirkan:

  1. Mengisi aplikasi visa Schengen
  2. Foto pasport ukuran 3.5 x 4
  3. Pasport dan fotokopinya
  4. Ijin kerja di Kanada dan fotokopinya
  5. Surat ijin mengemudi Kanada dan fotokopinya
  6. Surat referensi dari kantor
  7. Bank statement 3 bulan terakhir
  8. Itenarary perjalanan dan tiket pesawat
  9. Bukti reservasi hotel
  10. bukti pembelian asuransi perjalanan
  11. Bukti pembayaran pajak Kanada
  12. slip gaji 6 bulan terakhir
  13. Biaya administrasi C$77 bisa dibayar  tunai ataupun money order

Setelah semua dokumen lengkap, kita harus membuka situs konsulat italia di http://www.constoronto.esteri.it/Consolato_Toronto   untuk membuat janji dengan staff konsulat.  Waktu penyerahan paspor antara jam 9-12 senin sampai Jumat, dan pengambilan paspor jam 12.30 -13.00 senen sampai Jumat. Saya memilih tanggal 24 Oktober jam 9 pagi.

Pengurusan visa sangat cepat. Staff konsulat hanya menanyakan kelengkapan dokumen dan akan menginformasikan melalui SMS kalau visanya sudah selesai. Proses visa saya hanya 1 hari dan mendapat multiple visa dengan validity 6 bulan dan durasi 20 hari. Artinya selama 6 bulan dari Desember 2012 sampai Juni 2013,  saya bisa keluar masuk area schangen selama total 20 hari.

Berikut adalah Itenarary perjalanan saya:

22 Dec         Toronto-Roma
23-28 Dec   Roma
28-29 Dec   Assisi
29  Dec        Assisi-Padua (stop over di Pisa) 
30 Dec         Padua- Venisia (pulang hari)
31 Dec         Padua-Milan (stop over di Verona)
1  Jan          Milan-Istanbul
1-5 Jan       Istanbul
5 Jan          Istanbul-Paris
5-7 Jan      Paris
7 Jan          Paris-Toronto
 
Rome, here I come

Pertama ke Roma tahun 1983 bersama keluarga

Kunjungan ke Roma tahun 1990 bersama keluarga

Advertisements

6 thoughts on “Banyak Jalan menuju Roma I: Persiapan Perjalanan

  1. i looooveeeeee this picture…. Eyang _ eyang kita kelihatan bahagiaa dan stylish ya.. miss you mba Dita, sayang kemarin kita hanya bertemu sebentar… next kita travelling sama _ sama lagi ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s