Amerika Utara / USA

Mengunjungi Penjara Paling Berhantu di Amerika Serikat

Pada bulan Juli 2014 lalu, saya berkesempatan ke Philadelphia untuk mengunjungi beberapa tempat unik, salah satunya sebuah penjara tua. Apakah anda pernah nonton film Twelve Monkeys, atau acara TV seperti The Ghost Hunters? Kalau pernah berarti anda sudah melihat sekilas interior salah satu penjara yang disinyalir paling berhantu di Amerika Serikat, yaitu Eastern State Penitentiary.

Eastern State Penitentiary terletak sekitar 20 menit dari pusat kota dengan menggunakan bis umum nomer 33 atau 48. Saya anjurkan untuk datang pagi hari karena masih sepi sehingga punya cukup waktu untuk mengeksplorasi. Penjara ini besar loh, jadi 2 jam saja rasanya kurang puas.

phili22

Gedung Eastern State Penintentiary

Eastern State Penitentiary beroperasi dari tahun 1829 sampai 1971. Penjara ini  mempunyai fasilitas paling modern saat itu, dimana tiap sel penjara mempunyai toilet sendiri dan sistem pemanas terbaru. Selain itu, dijaman dimana makan daging seminggu sekali  sudah dianggap mewah, tiap tahanan bisa menikmati daging 3 kali sehari dengan kentang rebus tanpa batas. Penjara ini memang mempunyai misi yang berbeda dengan penjara lain di Amerika Serikat, yaitu memberikan wadah dan kesempatan bagi tahanan untuk bertobat melalu meditasi dan doa. Itu sebabnya penjara ini tidak disebut prison atau jail, tapi penitentiary yang artinya tempat bertobat.

Sayangnya penerapannya jauh berbeda. Selama dalam penjara, para tahanan diisolasi dalam sel selama 23 jam sehari dimana 1 jam dialokasikan untuk menghirup udara segar di lapangan. Tiap tahanan mempunyai jadwal yang berbeda jadi tidak ada kesempatan untuk berinteraksi. Dengan hidup menyendiri, mereka diharapkan mengisi waktunya dengan berdoa dan bertobat sambil membaca alkitab, satu-satunya buku yang diperbolehkan. Namun Hidup terisolasi selama bertahun-tahun bukannya membuat mereka bertobat, justru banyak yang menjadi gila. Akhirnya, karena jumlah tahanan bertambah dan kontroversi seputar  hak asasi manusia semakin gencar, sel isolasi pun ditiadakan.

phili1

Penjara Eastern State Penitentiary

phili2

Penjara Eastern State Penitentiary

phili14

Penjara Eastern State Penitentiary

Pertama kali saya masuk ke penjara ini, suasananya terasa suram dan dingin. Lampu tidak semua dinyalakan dan hanya cahaya matahari yang masuk dari langit-langit kaca. Dinding penjara terlihat kusam dengan cat yang sudah mengelotok. Tidak semua sel penjara dibersihkan, sebagian besar masih berantakan dengan puing-puing dan perkakas bekas berserakan. Tapi menurut saya, justru keadaan seperti ini yang membuat penjara tampak nyata, karena pengunjung bisa ikut merasakan suasana kelam yang pasti juga dialami para tahanan masa itu.

phili8phili7phili6Tahanan yang paling terkenal di Eastern State Penitentiary adalah Al Capone. Mafia kakap ini ditangkap karena terbukti membawa senjata tanpa surat izin, sehingga dihukum 1 tahun penjara. Dibanding tahanan lainnya, hidup Al sangat mewah. Di dalam sel-nya saja terdapat radio, lemari, meja kerja, dan kasur empuk. Bahkan di penjara pun Al Capone masih bisa membeli kenyamanan.

phili3

Sel penjara Al Capone

Bukan manusia saja yang menjadi tahanan di penjara ini, tapi juga seekor anjing labrador hitam bernama Pep alias Bad Dog. Alkisah, Pep membunuh kucing kesayangan istri walikota sehingga dijebloskan ke penjara seumur hidup. Pep mulai  dikenal luas setelah seorang wartawan menulis kisahnya di surat kabar lokal berikut foto dengan nomer tahanan.  Akibat berita itu, sang walikota menerima ratusan surat dari warga yang memohon agar Pep dibebaskan. Ternyata setelah diusut, berita ini hanya isapan jempol belaka, kerjaan wartawan usil. Memang benar Pep hidup di penjara, tapi bukan sebagai tahanan, tapi anjing peliharaan.

pep

Pep alias Bad Dog

phili12

Boneka Pep

Di Penjara ini ada satu blok yang ditutup yaitu Blok 15. Blok ini dulunya  tempat tahanan berbahaya atau yang akan dihukum mati. Kalau anda tertarik masuk, harus ikut tur yang ada tiap 2 jam sekali. Saya telat mengikuti tur ini jadi gak sempat deh melihat blok paling menakutkan di penjara. 😓

phili5

Blok 15 yang ditutup

Eastern State Penitentiary populer di komunitas paranormal sebagai salah satu penjara paling berhantu di Amerika Serikat. Banyak  pengunjung dan pegawai yang memberi kesaksian bahwa dikala suasana sepi, akan terdengar langkah kaki atau derit pintu sel dibuka tutup, padahal tidak ada orang. Ketika berkunjung kesana, saya sempat tertinggal sendirian karena terlalu asyik membaca informasi di dinding, dan tidak sadar pengunjung lain sudah pergi. Wuihh ngeri sekali, bulu kuduk langsung berdiri. Saya pun segera berjalan cepat menuju pintu keluar dan terpaksa melewati puluhan sel yang terbuka lebar. Sekelebat saya melihat seperti ada seseorang yang berdiri di pojokan sel. Hiyyyy! Semoga itu hanya imajinasi saya ya 😱. Oh ya, untuk yang suka adu nyali, penjara ini juga menyediakan tur malam hari loh. Jadi pengunjung bisa mengeksplorasi penjara hanya dengan bantuan cahaya senter. Seram!

phili9

phili15 phili11 Kalau anda ada kesempatan di Philadelphia, saya sangat merekomendasikan Eastern State Penitentiary karena banyak pengetahuan baru yang bisa dipelajari tentang sejarah penjara Amerika. Selain itu penjara ini juga merupakan lokasi yang bagus untuk berfoto. Siapa tau setelah fotonya dicetak, ada sesuatu yang ikutan selfie. 😛

Advertisements

39 thoughts on “Mengunjungi Penjara Paling Berhantu di Amerika Serikat

  1. auwww horror pisan tapi menarik, dari luar tampilannya mirip kastil yah….btw ruang penjaranya Capone cozy juga tuh 🙂 ini setelah dia keluar dari Alcatraz apa sebelumnya ya?

    • Iyaaa gedungnya emang ngeri. Banyak lorong2 gelap.
      Al Capone dipenjara di Eastern Penitentiary taun 1929, bebas, trus ditangkap lagi dan masuk Alcatraz taun 1934. Kebanyakan hidup di penjara ya dia. ckk ckk

  2. Saya mangap euy baca cerita ini, Mbak. Kayak menonton The Scariest Places on Earth. Antara penasaran kepengen mengunjungi tapi keder karena takut ketinggalan terus nyasar… nah loh… cuma saya heran, kenapa penjara yang dimaksudkan untuk “pertobatan” dengan fasilitas sedemikian sehingga malah berakhir sebagai tempat “penyiksaan”? Di mana dan kapan semua itu berubah? Pasti ada sebabnya, kan, sehingga tempat yang mulanya sangat aman dan hening dengan lantunan doa dari Alkitab malah jadi tempat yang menyeramkan dan mimpi buruk bagi setiap tahanan, apalagi yang ada di Blok 15…

    • Bagi org jaman itu, pertobatan artinya berdoa, meditasi, dan membaca alkitab tanpa interaksi dengan manusia lain. Dianggap itu bukan penyiksaan, tp solusi terbaik utk menghapus dosa dan masuk surga. Tapi kalo diaplikasikan bertahun-tahun kan org jadi gila.
      Akhirnya sistem itu dihapus tahun 1913 setelah banyak complain dari warga yang kasian dengan kehidupan tahanan. Semenjak itu sistem penjaranya kembali seperti sediakala.

      • Iya ya, apalagi kalau seperti cerita itu, 23 jam mesti melakukan itu dan sisa 1 jam baru bisa menghirup udara luar. Mungkin ini ya ibaratnya, orang bisa bosan sampai menjadi gila :hehe.

  3. Waaah iya nih, sering lihat penjara ginian di film film hehehe. Ini kok mirip-mirip lawang sewu di Semarang gitu ya mbak? Penjara yang ada tur malamnya, cukup menarik nih hehehe. Btw, berapa duit tuh masuk ke tempar gituan mbak?

  4. bangunannya tua banget ya kak jadi eksan horornya emang ada gitu kak tp orang amerika bukannya tidak percaya sama mistis2an ya kak.. kalau di indonesia kayak lawang sewu gitu yah kak

  5. Foto2nya aja udah bikin merinding, apalagi kalo melihat aslinya ya.. Hiii… Btw, si Pep-nya lucu banget. Yang selnya Al Capone… Bener2 deh bos mafia ya. Selnya aja cakep gitu 😀

  6. Siang hari aja suasananya udah nyeremin gitu, apalagi ikut tour penjara malam hari…hiiiii. Takut kebawa mimpi mba😀.

    Suka liat foto-fotonya… cakep !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s