Asia / Vietnam

4 Makanan yang harus dicoba di Hanoi

Baru-baru ini saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke 3 kota di Vietnam, yaitu Ho Chi Minh, Hanoi dan Danang. Tentunya saya sangat senang apalagi Vietnam merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang terkenal akan wisata kulinernya. Dari ketiga kota tersebut kota favorit saya adalah Hanoi. Di Kota inilah saya baru menyadari bahwa makanan enak tidak melulu harus Pho (Mie Vietnam). Berikut 4 makanan  yang harus anda coba kalo berkunjung ke Hanoi.

1.Bun Cha (Favorit!!)

Anda rugi kalau berkunjung ke Hanoi dan gak nyobaiin Bun Cha, yaitu babi panggang berlemak yang dicelupkan dalam kuah dan dimakan dengan mie putih bersama sayuran dan rempah. Saking terkenalnya makanan ini, Vu Bang, seorang penulis kuliner asal Vietnam mengatakan bahwa Hanoi adalah kota yang terobsesi dengan Bun Cha.

Kedai Bun Cha yang terkenal di Hanoi adalah Bun Cha Da Kim yang terletak di jalan Hang Manh no 1 di Old quarter. Terus terang lokasinya sangat terpencil. Saya nyasar beberapa kali sampai hampir putus asa. Di lokasi tersebut ada 2 kedai Bun Cha yang berdiri bersebelahan. Dua-dua nya mengaku bahwa mereka lah yang asli. Bahkan salah satu kedai memasang pengumuman dengan tulisan “Bun Cha Shop beside us is fake” (Kedai Bun Cha disebelah palsu). Tapi gak usah bingung. Saya sudah mencoba makan di kedua tempat tersebut dan rasanya sama-sama enak. 

20141209_120652

Bun Cha

_DSC6252

Menikmati Bun Cha

_DSC6250

Pengumuman kedai Bun Cha Palsu

2. Warteg ala Hanoi

Di Hanoi terdapat  banyak kedai yang menjual beragam lauk pauk. Pengunjung tinggal memilih lauk pilihan dan harganya tergantung dari jenis makanan dan kuantitasnya. Metode ini mengingatkan saya dengan warteg di Jakarta. 

Warteg ala Hanoi ini menawarkan makanan yang unik dan lezat. Mulai dari samcan babi goreng, babi kecap dengan telor, sop ikan pedas, dan lauk lainnya. Bentuknya benar-benar menggugah selera. Selama seminggu di Hanoi hampir tiap hari saya lewat situ untuk sekedar cuci mata. Warteg favorit saya adalah yang berlokasi di persimpangan jalan Dinh Liet dan Cau Go.

20141205_105700

Pilihan lauk di warteg ala Hanoi

20141205_105517

Sam Can goreng

20141208_121312

Babi Panggang, babi kecap, telor rebus digoreng dan irisan cabe

3. Cha Ca La vong (Saya kecewa, tapi mungkin cocok untuk lidah anda!!)

Saya pertama kali tau tentang makanan ini dari sebuah artikel di New York Times yang mengatakan bahwa Cha Ca La Vong merupakan salah satu dari 100 makanan yang harus dicoba sebelum anda meninggal. Penasaran kan?

Cha Ca la Vong adalah potongan ikan goreng yang dicampur dengan  bumbu  balacan, kunyit, saos ikan dan cabe. Restoran Cha ca La Vong yang terkenal terletak di Jalan Cha Ca no 14 di Old Quarter. Restoran ini dikenal sebagai restoran tertua di Hanoi yang berumur hampir 100 tahun.

Saya berkunjung ke restoran ini bersama ibu saya untuk berbagi pengalaman mencoba makanan yang gosipnya terenak di Vietnam. Setibanya di restoran tersebut saya agak sedikit ragu. Tempatnya terlihat tidak terpelihara, penuh dengan pajangan kuno yang berdebu, bau dupa, dan sangat sepi. Suasananya seram, mengingatkan saya seperti film Vampir Hong Kong. Seorang wanita tua tanpa senyum yang ternyata adalah pelayannya menyuruh saya duduk sembari menyodorkan menu. Restoran itu hanya menyediakan satu macam masakan yaitu Cha Ca La vong dengan harga fantastis, 170,000 Dong per orang belum termasuk minum. Sangat tinggi dibanding harga makanan restoran pada umumnya yang biasanya cuman 50,000 Dong.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, makanannya datang. Sang pelayan mamasukkan semua bahan ke dalam panci dan dimasak dihadapan kami. Saya kaget karena porsinya sangat kecil. Namun saya masih berfikir positif. Porsi kecil, harga mahal, pasti rasanya luar biasa enak. Naun setelah dicoba saya sangat kecewa. Kaget karena rasanya amat sangat gak enak. Saya sampai minta maaf sama ibu. Sudah rasa gak enak, tempatnya jorok, pelayanan kasar, dan harga mahal. Masuk akal kan kalo saya sampai berfikir ini salah satu jebakan turis di Vietnam. Sampai hotel saya langsung cek Tripadvisor dan anehnya banyak pengunjung yang suka. Saya sampai bingung.  Kalau anda berkunjung ke Hanoi coba kesana, deh. siapa tau malah cocok untuk lidah anda.

20141208_172107

Restoran Cha Ca La Vong

20141208_172343

Menu restoran cuman satu jenis masakan

20141208_173051

Ibu  mencoba Cha Ca Lavong

20141208_173032

4. Banh Cuon

Banh cuon adalah tepung beras yang dibuat seperti pancake dan diisi daging babi cincang, jamur dan potongan daun bawang. Makanan ini dimakan dengan mecocolkannya dalam saos yang berisi saos ikan, bawang putih, cabe merah, pepaya muda, rempah dan tahu. Makanan ini banyak dijual dipinggir jalan khusunya malam hari. Paling asik kalo malam2 makan Banh Cuon bersama segelas bir dingin. 

20141208_18562720141208_185805

Masih banyak lagi makanan yang harus dicoba di Hanoi. Ada yang enak, ada yang tidak enak, khususnya Cha Ca La vong (masih dendam). Tapi menurut saya apabila berkunjung ke sebuah kota, sudah sepantasnyalah anda mencoba semua makanan. Siapa tau makanan yang orang lain tidak suka malah menjadi menu favorit kita.

 

 

Advertisements

63 thoughts on “4 Makanan yang harus dicoba di Hanoi

  1. Waduh. Aku gak bisa makan semua tuh kayaknya. Hihihihi.

    Etapi emang aku gak pemakan seh. Kemaren ke thailand sama sekali gak wisata kuliner. Makannya dikedubes RI aja πŸ˜†

    • Banyak bgt kok makanan dengan daging ayam dan sapi. Sayur2an jg. Ada bekicot goreng segala malah. wisata kulinernya asik deh pokoknya. Biasanya aku sih jalan2 cuci mata, kalo makanannya keliatannya menarik lgs aku samperin πŸ˜‚

  2. hm, untuk yang muslim seperti saya kayaknya sulit nih untuk bisa wisata kuliner disana :-). tapi itu tempatnya jebakan batman banget ya, udah mahal, menunya pun gak kreatip masa cuman satu menu doang, pantesan sepi πŸ˜€

    • Soalnya yg banyak migrasi ke Canada atau US adalah org Vietnam Selatan (Ho Chi Minh dan sekitarnya). Pas jaman perang Vietnam dulu kan US berperang melawan komunis dari Vietnam Utara. Sampe skrg pun kl org Vietnam utara pindah ke negara Barat msh dianggap penghianat. Tapi setau aku ada 1 restoran di Toronto yg jual menu Vietnam Utara (Bun Cha, Banh Cuon, dll). Nanti aku cari tau alamatnya ya. πŸ˜€

      • Oh iya aku sudah pernah ketemu di semacam Deli Vietnam di Chinatown Toronto di dekat Spadina & Dundas. Kayaknya disitu aja dan pernah selagi ke Waterloo karena kebetulan aja. Kalau di Chinatown NYC banyak banget soalnya πŸ™‚ memang aku suka πŸ™‚

        • Kalo restoran Vietnam banyaknya di daerah North York atau Scarborough. Resto vietnam langganan aku di daerah Markham, intersection finch ave east dan Midland ave. namanya vietnam Noodle star. Porsi jumbo rasa enak!! πŸ‘β€οΈ

  3. Wah kelihatannya enak-enak semua nih. Tapi kayaknya saya cuma bias makan Cha Ca La Vong aja, secara gak makan babi. Tapi yang paling kocak adalah persaingan warung makan di sana ya, sampai berani pasang plang “Bun Cha shop beside us is fake” padahal bisnisnya sebelahan hahahaha πŸ˜€

  4. Aku mau ke warteg ajaaa! Hahaha. Seems many choices of pork there πŸ˜€

    Wah, itu Cha Cha La Vong-nya sayang banget! Kenapa bisa pada bilang bagus ya? Apa ada perubahan? Yakin tempatnya yang itu ya, kak?

  5. Waha ha…. Ternyata ada jebakan juga di restoran vietnam. Mungkin lidah orang indo nggak cocok kali ya secara banyak review positif. Atau salah masuk restoran kali…. Mungkin ada restoran lainnya πŸ˜€

    • Aku awalnya juga pikir ini salah restoran. Tapi setelah cek foto2 pengunjung lain memang bener tempatnya.hahaha Selera beda kali ya. Tapi kalo harganya gak semahal itu yah aku juga gak bakalan terlalu kecewa.

  6. Asik infonya Clara. Bun Cha ada yang jual di streetfood style resto disini. Memang makanan Vietnam bukan hanya Pho. Aku suka karena ringan dan rasanya segar. Love it!

      • Kalo kapan ke Paris di Chinatownnya banyak resto Vietnam, daerah Porte d’Italie. Disitu Phonya hardcore pake babat πŸ˜‰ Aku banyak coba makanan Vietnam macem-macem disitu. Bahn Xeo, Gui Cuon etc…etc…Pingin ke Vietnam jadinya. TFS!

  7. Wah baru baca nih, aku makan Cha Ca La Vong kok enak banget ya menurutku? malah sampe nambah aku mbak :p hahaha

    Apa karena cara makannya yang salah? Tapi emang orang Vietnam sendiri bilang kalau di Hanoi orangnya memang lebih kasar dan cenderung cuek dibanding di selatan, karena efek sejarah sih dulu πŸ™‚

    • Aku beneran gak puas sama cha ca la vong. Mungkin krn gak sebanding sama harganya. Kl gak semahal itu gak bakalan terlalu kecewa. πŸ˜‚
      Wkt di Hanoi kamu nyoba makan Apa aja? Soalnya aku bandingin cha ca la vong sama bun cha, goi cuon, atau babi samcan goreng yg harganya murah meriah dan rasanya mantap. Kmrn aja Anthony Bourdain ngajak Obama makan Bun cha di Hanoi.πŸ˜‚

  8. emang enak2 sih makanan vietnam, nanti klo ke Hanoi mau blusukan nyari makanannya yang halal, mungkin gak ada label halalnya tapi tidak mengandung babi aku rasa masih bisa dimakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s