Amerika Utara / USA

3 Kegiatan Wajib di High Line: Taman gantung terpanjang di kota New York

Pertama kali saya tau keberadaan High Line adalah ketika menonton Project Runway, acara kompetisi perancang busana yang dibawakan oleh Heidi Klum. Pada salah satu episode, para designer diberi tugas membuat rancangan yang terinspirasi dari sebuah taman kota yang pada episode itu  baru saja dibuka untuk umum. Menurut saya tamannya bagus dan unik, sehingga saya pun gak sabar untuk bisa segera menikmati dari dekat pemandangan di taman High Line, taman gantung terpanjang di kota New York.

High Line adalah sebuah taman yang dibangun diatas jalur kereta di sebelah Barat kota Manhattan mulai dari Gansevoort street sampai 34th street dengan jarak 2, 33 km. Pada awalnya High Line dipergunakan sebagai sarana transportasi untuk membawa hasil Industri dari pabrik ke pelabuhan dan pertokoan. Namun semenjak transportasi truk makin populer dan dianggap lebih efisien, jalur kereta ini mulai ditinggalkan.

Pada tahun 1999, organisasi Non profit yang diberi nama  Friends of the High Line membuat proposal untuk memugar jalur kereta manjadi taman kota seperti Promenade Plantee di kota Paris. Proposal ini didukung oleh perancang busana terkenal Diane Von Furstenberg dan Walikota New York pada saat itu, Michael Bloomberg. Organisasi itu berhasil mengumpulkan dana sebesar $165 juta dollar, dan pada tanggal 7 Juni 2011, taman ini resmi dibuka untuk umum. Banyak sekali yang  bisa anda liat dan nikmati di taman ini, namun menurut saya ada 3 kegiatan wajib yang harus anda lakukan apabila berkunjung ke High Line.

2

1.Makan enak sambil menikmati pemandangan

High Line paling asik dinikmati sambil ngemil. Salah satu kegiatan favorit saya sebelum pergi ke High Line adalah mampir ke Chelsea Market, pasar makanan terbesar di New York. Chelsea Market meliputi satu blok penuh antara 9-10 Avenue dan 15-16th Street. Pasar ini dibangun di gedung peninggalan Pabrik Nabisco yang terkenal akan biskuit Oreo. Nyaaam! Chelsea Market menawarkan banyak variasi makanan dari Pop Corn sampai Steak. Belum lagi pilihan Es Krim, Cheese Cake, bahkan sampai Lobster dan kerang mentah. Biasanya setelah membeli cemilan disana, saya menuju High Line melalui tangga yang terdapat di West 23rd Street, sekitar 5 blok dari Chelsea market.

13

Chelsea Market

14

Chelsea Market

1

Paling asik ngemil sambil melihat pemandangan ini

2. Menikmati karya Seni dan Suasana Kota

High Line banyak memamerkan hasil karya artis modern. Para pengunjung bisa melihat dari dekat graffiti, dan patung hasil karya artis lokal sembari berjalan melewati gedung-gedung tua dengan arsitektur unik. High Line juga berguna untuk pendidikan karena selama berkunjung kesana saya melihat banyak murid-murid sekolah mengadakan study tour untuk belajar mengenai arsitekur, tata kota ataupun design. Oh ya, High Line adalah tempat yang romantis loh, bahkan saya sempat menyaksikan seorang pria berlutut melamar pacarnya  yang disertai tepuk tangan riuh dari pengunjung.

4

3

89

Berolahraga sambil Berburu Selebriti

High line adalah salah satu tempat yang paling populer untuk olahraga, khususnya pada pagi hari. Waktu saya berkunjung kesana, hampir di tiap sudut terlihat sekumpulan orang sedang berolahraga, entah tai chi, yoga, atau sekedar jogging. Jalan  kaki di High Line lumayan capek loh, tapi pemandangannya sangat bagus dan menyenangkan jadi gak merasa bosan.

Menurut gosip, di High Line banyak penampakan selebriti khususnya pada pagi hari saat mereka jogging. Terus terang sih saya gak pernah ketemu ya. Tapi suatu saat pas lagi di High Line, para pengunjung heboh melihat kebawah sambil menunjuk ke sebuah gedung. Saya pun kepo gak mau ketinggalan. Ternyata ada sebuah mobil hitam berhenti di belakang sebuah club dan terlihat rombongan keluar dengan Hoody dan beberapa paparazzi mengejar mereka. Salah satu pengunjung yakin itu Justin Beiber, ada yang bilang Lindsay Lohan, jadi sampai sekarang saya gak yakin itu siapa. 

Kalau anda ada kesempatan ke New York jangan sampai melewatkan High Line. Banyak tempat asik yang bisa dijadikan objek foto ataupun hanya sekedar menikmati suasana. Baru baru ini saya dengar bahwa walikota  Bandung, Ridwan Kamil berencana untuk membuat proyek Cihampelas Skywalk. Proyek ini berencana untuk membangun jalan layang khusus  dimana pengunjung bisa berjalan kaki santai tanpa ganggunan lalu lintas. Wah berarti sebentar lagi kalau mau menikmati High Line gak usah harus jauh-jauh ke New York ya, cukup pergi ke Bandung.

7
12

5

image1

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Advertisements

36 thoughts on “3 Kegiatan Wajib di High Line: Taman gantung terpanjang di kota New York

  1. Sempet liat tuh di IGnya Pak RK, kalo di Indonesia dibikin kaya gitu keren banget kali ya haha
    Unik taman gantungnya..selain dapet udara segar bisa juga liat pemandangan kota 🙂
    Btw, salam kenal ya Mbak Clara, terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya.

  2. Ahhh..ini salah satu type destinasi fav aku, ada di dalam kota besar, bisa makan, ngadem santai di taman dan ngeliat karya seni modern. Spertinya yang saat ini bisa mewakili tempat seperti itu di Jakarta di taman mal Central park. Klo bayangin New York kebayang kehidupan modern dinamis wanita karir macam Carrie Bradshaw dkk, aku suka bangett 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s