Amerika Utara / Canada

Susah seneng naik bis dari Canada ke Amerika

Toronto-Chicago (12 jam)

Pada bulan Maret 2014 saya mendapatkan perpanjangan visa turis Amerika untuk 10 tahun. Woohoo!! Rasanya sayang sekali kalau tidak segera digunakan. Awalnya ingin berpergian ke New York, tapi karena tidak pernah kesana sendrian jadi agak ragu. Kebetulan teman saya, Ghia, menceritakaan tentang Chicago, salah satu kota kesayangannya. Kota Chicago lebih kecil dari New York, namun memiliki energi yang gak kalah hebatnya. Kebetulan, pada saat itu saya baru menyelesaikan buku “The Devil in the White City’ karangan Erik Larson yang bercerita tentang Chicago, jadi sejarah kota ini masih segar di kepala. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya memilih Chicago sebagai tujuan wisata berikutnya.

2 Minggu kemudian pas long weekend, saya pun sudah siap di stasiun untuk perjalanan perdana dari Toronto ke Chicago dengan bis. Kenapa bis? Selain karena bis malam lebih murah, saya juga bisa menghemat biaya hotel. Jadwal bis yang saya pilih berangkat jam 7 malam dan tiba di tujuan jam 7 pagi. Biaya perjalanan ini C$80 sekali jalan dengan bis Greyhound. Balik ke Toronto saya menggunakan pesawat Porter Airlines seharga CAD$150.

Di dalam bis saya mendapat tempat duduk di sebelah ibu India yang agak judes. Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing. Tapi perut langsung mual ketika si ibu membuka bekal dan spontan bau kari yang keras  menusuk hidung. Bukannya saya anti masakan India ya, tapi ini kan di dalam bis AC yang tertutup. Kontan saja beberapa orang melirik sebal kepada si ibu yang dengan cueknya tetap asik menyantap nasi karinya.

Di perbatasan Canada/ Amerika yaitu di kota Windsor, semua penumpang diharuskan turun membawa barang masing-masing untuk pengecekan imigrasi. Kami sempat menunggu agak lama karena ada beberapa penumpang yang harus melakukan wawancara extra.

Perjalanan ke Chicago ini cukup melelahkan. Setelah 8 jam di dalam bis, badan sudah mulai rontok, padahal masih sisa 4 jam lagi. Tapi saya cukup terhibur menikmati pemandangan sepanjang jalan. Sejenak lupa rasa bosan dan malah sibuk foto-foto. Akhirnya mulai terlihatlah gedung-gedung pencakar langit di kejauhan. Supir bis pun berteriak lantang dari balik kemudi, “Folks, welcome to Chicago”.

20140417_093144

Pemandangan dari dalam bis

Pemandangan dari dalam bis

Pemandangan dari dalam bis

Pemandangan dari dalam bis

 Toronto-New York (Waktu tempuh : 10 jam)

Pada bulan Mei dan Juli 2014, saya melakukan rute perjalanan Toronto-New York seorang diri dengan bis Greyhound. Dibanding saingannya, Megabus, Greyhound memang memiliki kendaraan lebih tua dengan tempat duduk sempit. Namun perusahaan dengan logo anjing berlari ini lebih populer karena  jadwalnya yang fleksibel. Meskipun bis berangkat pukul 9.30 malam, saya selalu berusaha sampai stasiun secepat mungkin untuk segera antre dan mendapatkan tempat duduk terbaik. Maklum tiket murah, jadi tidak ada nomer tempat duduk.

Dibanding naik kereta dan pesawat, naik bis biasanya selalu jadi pilihan terakhir. Tapi sebenarnya ada 2 keuntungan yang bisa diambil dengan naik bis malam asalkan kuat pegel dan bisa tidur dimana saja. Keuntungan pertama adalah menghemat biaya. Contohnya untuk perjalanan Toronto-New York dengan bis, biayanya hanya CAD$115 PP. Lebih murah dibanding biaya terbang sekali jalan ke New York. Selain itu kita bisa menghemat biaya hotel. Keuntungan kedua adalah efisiensi kerena stasiun bis biasanya berlokasi di pusat kota jadi tidak usah jauh-jauh ke bandara. 

Suasana di stasiun bis Toronto

grey2

Bis Greyhound

Suasana dalam bis

grey3

Suasana dalam bis

Kali pertama naik bis ke New York saya beruntung mendapat kendaraan relatif baru dengan wifi yang kencang. Kursi di sebelah pun kosong sehingga bisa duduk dengan lebih leluasa. Namun pada perjalanan kedua, saya  mendapatkan bis tua dengan AC yang sangat dingin. Banyak penumpang yang mengeluh sampai  akhirnya harus ganti bis di Buffalo. Kejadian ini sangat tidak nyaman karena harus menunggu lebih dari 1 jam untuk mendapatkan bis pengganti.

Di kota Niagara, penumpang harus melewati perbatasan Canada/Amerika di Rainbow Bridge. Kami semua diharuskan turun dari bis sambil membawa barang masing-masing dan antre di imigrasi. Untuk masuk ke Amerika melalui jalan darat, para turis wajib memiliki visa Amerika dan I-94 atau dokumen ijin masuk.  Biaya I-94 adalah US$25 dolar dan biasanya berlaku 6 bulan. Untuk perjalanan ke Amerika melalui air dan udara, I-94 tidak lagi diperlukan.

Pihak imigrasi akan bertanya tentang latar belakang seperti pekerjaan dan tujuan ke Amerika.  Sebaiknya persiapkan semua informasi seperti tiket pulang, voucher hotel, itinerary dalam satu amplop. Semua informasi harus di print karena telpon genggam tidak boleh dinyalakan. Sempat terjadi kepanikan di antara rombongan ibu-ibu Canada yang lupa ngeprint meskipun semua informasinya ada di handphone. Setelah perdebatan yang cukup alot, ibu-ibu itupun bisa lolos dan diperbolehkan membawa barang mereka kembali ke bis setelah melewati mesin X-ray.

Awalnya saya agak ragu naik bis malam seorang diri. Tapi ketakutan itu tak berlasan karena banyak kok perempuan yang pergi naik bis sendirian. Penumpangnya pun beragam. Ada keluarga dengan anak kecil, kakek-nenek, dan juga pelajar-pelajar Canada yang ingin berlibur ke Amerika. Meskipun tidak senyaman naik kereta atau pesawat, tidak ada salahnya sekali kali mencoba naik bis karena bisa menghemat biaya.

Advertisements

41 thoughts on “Susah seneng naik bis dari Canada ke Amerika

  1. Paling nyaman sekarang kalo naik bus itu yaaa ada wifi dan colokan buat ngecharge hp yeeee. Hidup sekarang di perbudak ama smartphone dan disini saya merasa bodoh ihik ihik

  2. Ah asyiknya naik bis melintasi negara bagian di Amerika. Saya termasuk penggemar bus, apalagi di sekitaran Jawa Timur dan Jawa Tengah hehehe.

  3. Duh Clara travelingnya ketje2 amat sik. Ini lagi naik bis dari Toronto ke Chicago. Btw gue jg ga suka baru makanan dlm bis…bikin eneg kan.

    Jd inget naik bis dari Sing ke KL… periksa imigrasi dan fantat dah tefos ajeeee

  4. Perjalanan darat pun tetep kudu melewati pemeriksaan imigrasi dan x-ray juga ya kalo melintasi negara lain. Kalo di eropa gitu juga gak? Misalnya dari Paris ke Belgia naik bus

  5. tadinya sempat mau naik bus jg waktu planning perjalanan dr Buffalo-NYC/Boston (waktu itu blm memutuskan ke Boston atau enggak). tp setelah menimbang2 capeknya, lebih milih Amtrak ke NYC. tp ya sama aja sih lamanya. :))

    • Aku awalnya mau naik Amtrak jg krn lbh luas tpt duduknya jd lbh nyaman. Tp gak ada jam keberangkatan malam, pagi semua. Jadi rasanya membuang hari percuma. Nyampe NY udah gelap trus hrs bayar penginapan semalam pula. Tp kl naik bis malam bisa hemat hotel dan nyampe NY pagi hari. 😀

    • i-94 bikinnya di border control, di perbatasan. Jadi kalo naik bis biasanya disuruh turun dulu utk pemeriksaan, barang, cek visa, ditanya tujuan ke amrik, dll. Kl udah OK semua imigrasi akan ngasih i-94 ke km.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s